Tangsel Siapkan Rp 48 Miliar Bangun Perpustakaan Kota 2018

Palapanews.com  – Walikota Tangerang Selatan memaparkan Program Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Kota Tangerang Selatan pada acara Seminar Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca yang diselenggarakan oleh GPMB di Hotel Aryaduta, Jakarta, Selasa (26/09/2017).

Dalam Seminar Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca yang mengangkat tema “Sinkronisasi Pembudayaan Kegemaran membaca dalam rangka meningkatkan indeks literasi masyarakat di era digital” itu, Walikota Airin menyampaikan bahwa “Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca sejalan dengan Program prioritas Pemerintah Kota Tangerang Selatan yakni pengembangan institusi taman bacaan masyarakat.”

Menurut walikota, pada 5 tahun awal pemerintahannya telah mendorong masyarakat untuk bisa membuat taman bacaan, hasilnya partisipasi masyarakat sangat tinggi dengan adanya 78 Taman Bacaan hingga saat ini. Pemberian insentif juga diberikan secara berkala untuk Taman Bacaan yang berprestasi.

“Membangun kemitraan dengan pihak swasta juga telah dilakukan, seperti pemasangan wifi disetiap taman bacaan, sehingga Taman Bacaan tidak hanya tempat membaca akan tetapi menjadi sentra sosial,” papar Airin.

Beragam prestasi pun telah dicapai, antaralain Taman Bacaan meraih Juara 1 Lomba Tingkat Provinsi Banten, dua tahun berturut-turut serta Tingkat Nasional dari Kemendiknas tahun 2010 dan 2017 dan Juara Inovasi Mobil Pintar tingkat Nasional.

“Beragam kegiatan untuk menstimulasi minat membaca telah dilakukan, antaralain; Gerakan Ibunda Membaca untuk Ananda yakni 15 menit orangtua meluangkan waktu setiap harinya membacakan buku untuk anak dan Gerakan Kamis Membaca yang diberlakukan di seluruh SD Negeri di wilayah Kota Tangerang Selatan,” ungkap Airin.

Walikota Airin berjanji akan membangun Perpustakaan skala kecamatan dan skala kota. Diantaranya yang telah selesai dan akan diresmikan dalam waktu dekat yakni di Kecamatan Pondok Aren. Dilanjutkan dengan rencana pembangunan Perpustakaan tingkat kota tahun depan yang telah dianggarkan tahun ini sebesar 48 Miliar Rupiah.

Dalam Seminar Nasional ini, Walikota Airin juga selaku nara sumber dengan tema materi: “Strategi Pembudayaan Kegemaran Membaca Masyarakat di Kota Tangerang Selatan”. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para peserta seminar yang hadir dari seluruh Indonesia.

Sementara Ketua Umum PP GPMB Bambang Supriyo Utomo menjelaskan, melalui tema “Sinkronisasi Pembudayaan Kegemaran membaca dalam rangka meningkatkan indeks literasi masyarakat di era digital” diharapkan dapat mengingatkan dan memotivasi untuk bergegas, berlari dan berprestasi. Melakukan gerakan nasional pemberdayaan gemar membaca secara terpadu, sinergis dan kompak serta efektif untuk mengejar ketertinggalan dengan negara tetangga.

Menurut Bambang GPMB selaku organisasi kemasyarakatan di bidang pembudayaan dan peningkatan masyarakat gemar membaca yang didirikan tahun 2001, setiap tahun menyelenggarakan seminar pemasyarakatan minat baca. Seminar tahun ini, ditujukan sebagai wahana pertemuan pihak-pihak yang perduli atau bertanggung jawab terhadap pembangunan masyarakat gemar membaca melalui jasa perpustakaa. Selain itu juga agar terjadi tukar menukar informasi atau pengetahuan atau pengalaman dalam memasyarakatkan aksi gemar membaca, ujarnya.

Seminar juga dihadiri oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Ketua umum PP GPMB, Pejabat Perpustakaan Nasional, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Tangerang Selatan, Narasumber dan Peserta Seminar dari seluruh Indonesia. (hms/bd)

Komentar Anda

comments