Alat Timbangan Pedagang Wajib Tertib Ukur

oleh -
Ilustrasi.

Pedagang Pasar 8Palapa News – Pedagang di Pasar Delapan Alam Sutera, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), diberi sosialisasi tertib ukur, Kamis (4/4/2013).

“Banyak pembenahan yang harus dilakukan untuk membuat pasar bersih, sehat dan tertib ukur,” ungkap Kepala Bidang Pengawasan dan Informasi Usaha, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Irma Safitri.

Irma menekankan kepada para pedagang untuk memperhatikan alat timbangan agar tertib ukur. Setiap alat timbang yang digunakan pedagang harus sesuai dengan takaran barang serta wajib diuji tera setahun sekali.

Untuk tertib ukur, kata dia, memerlukan kesadaran yang tinggi dari setiap pedagang di pasar-pasar modern dan tradisional. Padahal, semua itu telah diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

“Perlu ada kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan pengelola pasar sebagai pembina dan pedagang. Agar masyarakat percaya terhadap kebersihan dan kualitas barang dagangan. Untuk alat timbangan harus di tera ulang setahun sekali,” jelas Irma.

“Target kita pada tahun 2015 mendatang salah satu pasar modern di Kota Tangerang Selatan dapat penghargaan dari Kementerian Perdagangan pada Hari Konsumen.”

Ia menambahkan, kebijakan itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat sebagai konsumen serta pedagang yang implikasinya dapat meningkatkan perekonomian.(ymw)

Komentar Anda

comments