DLH Kota Tangerang Catat Ada 1.650 Mobil Diuji Emisi, 279 Kendaraan Tak Lulus

Palapanews.com Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang selama tiga hari melakukan uji emisi terhadap kendaraan bermotor roda empat dalam rangka melakukan evaluasi kualitas udara perkotaan serta Hari Lingkungan Hidup 2024.

Lokasi yang menjadi titik uji emisi yakni Jalan Jenderal Sudirman ,Jalan MH. Thamrin, dan Jalan Metland Boulevrd, Kecamatan Karang Tengah. Dari uji emisi yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang mencatat hasil pengujian yakni jumlah partisipan pengendara sebanyak 1.650 kendaraan. Lalu yang lulus Uji Emisi sebanyak 1.322 kendaraan, kendaraan yang tidak lulus uji emisi sebanyak 279, dan data invalid sebanyak 49, serta data valid sebanyak 1.601.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Wawan Fauzi menyampaikan, kendaraan yang lulus dalam uji emisi ini tentunya akan diinput dalam sistem aplikasi SiuMi milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta aplikasi Langit Biru KLHK sebagai barometer kondisi emisi dari sektor bergerak yaitu transportasi.

“Untuk kendaraan yang tidak lulus uji emisi dan data invalid disarankan kepada pemilik kendaraan untuk melakukan service berkala, sehingga gas buang memenuhi baku mutu yang ditetapkan,” ucap Wawan Fauzi, Jumat, 14 Juni 2024.

Uji emisi yang dilakukan, kata Wawan, kali difokuskan pada kendaraan roda empat. Kalau kendaraan transportasi umum barangkali sudah dilakukan pada saat berlangsungnya uji KIR.

“Hasil uji emisi kendaraan akan sangat dipengaruhi oleh cara pengisian bahan bakar dan perawatan kendaraan yang dilakukan. Hasilnya, bisa terlihat dari bagaimana pengisian bahan bakar atau perawatan kendaraan,” katanya.(ydh)

Komentar Anda

comments