Kesbangpol Kota Tangerang Suplai Pendidikan Politik ke Ratusan Pemilih Pemula

Palapanews.com- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangerang mengadakan Sosialisasi Partisipasi Pilkada terhadap pemilih pemula yang berlokasi di Tangerang Convention Center (TCC), Jumat, 14 Juni 2024.

Sosialisasi yang bertema ‘Generasi Muda Saatnya Memilih’ dihadiri oleh 500 peserta yang terdiri dari 400 pelajar dan 100 mahasiswa ini bertujuan untuk memberikan edukasi serta meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang pada 27 November 2024 mendatang.

Untuk memberikan edukasi, Badan Kesbangpol Kota Tangerang juga menghadirkan narasumber dari Kemenko PMK (Deputi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda), Perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Komisioner KPU Kota Tangerang, serta influencer.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tangerang, Teguh Supriyanto menjelaskan, tujuan kegiatan ini agar terbentuknya kesadaran para generasi muda akan pentingnya konstitusi politik.

“Diharapkan partisipasi politik masyarakat Kota Tangerang khususnya para Pemilih Pemula meningkat, dan mereka diharapkan dapat berperan aktif mengeluarkan aspirasi dan pendapatnya melalui wadah Pilkada, untuk masa depan Kota Tangerang yang lebih baik,” tukas Teguh.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri pada Badan Kesbangpol Kota Tangerang, Saeful Ulum menyampaikan, sosialisasi yang diberikan kepada mahasiswa dan pelajar ini merupakan salah satu bentuk perhatian dari Pemerintah Kota Tangerang dalam memberikan edukasi tentang pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada). Dimana, mahasiswa dan pelajar ini merupakan pemilih pemula sehingga harus diberikan pemahaman tentang pentingnya untuk menggunakan hak suara.

“Para peserta ini adalah pemilih pemula, sehingga butuh edukasi tentang pemilihan atau penggunaan suara dalam pesta demokrasi lima tahunan ini,” ungkap Saeful Ulum.

Diketahui, Daftar Pemilih Tetap pada Pileg lalu berdasarkan data KPU Kota Tangerang sebanyak 1.362.773, sementara dari Data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) meningkat menjadi 1.385.155, yang di dalamnya terdapat sekitar 339.829 orang Generasi Z dan 512.571 Generasi Milenial.

Pria yang akrab disapa Bang Ulum ini menambahkan, sekitar 61 persen jumlah pemilih di Kota Tangerang adalah pemilih pemula yang terdiri dari generasi milenial dan Gen-Z.  “Generasi ini yang harus diberikan pemahaman untuk menggunakan hak suaranya. Sebab, merekalah sebagai generasi penerus bangsa,” pangkas Bang Ulum seraya menambahkan, adanya sosialisasi ini juga bertujuan agar mereka (pemilih pemula) tidak Golput.

Sementara itu, Suci Dwi, salah satu peserta sosialisasi partisipasi untuk Pilkada 2024 mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan karena banyak ilmu yang didapat, khusus para pemilih pemula.

“Semoga pemimpin yang terpilih pada ajang Pilkada nanti bisa membawa Kota Tangerang maju dan berprestasi serta kami dari kalangan pemilih pemula dapat turut berpartisipasi memberikan hak suara kami,” jelasnya. (ydh)

Komentar Anda

comments