PKM UMN Bekali UMKM Pokdarwis Medang Kiat Kelola Usaha berbasis Digital

Palapanews.com – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menggelar Pekan Kuliner dan Promosi Produk Berbasis Digital untuk UMKM Pokdarwis Medang. Acara juga disi dengan kegiatan pelatihan kiat kiat mengelola UMKM serta penyerahan hibah.

Sedikitnya 20 orang pelaku UMKM dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Medang, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang mendapat pembekalan tentang Pengendalian Biaya untuk UMKM yang dipresentasikan oleh Adestya Ayu Armielia, S.ST., M.Si.Par.CHE. Kegiatan ini, berlangsung di Lab Perhotelan Gedung D kampus UMN pada Jum’at (7/6/2024).

“Selain kegiatan pekan kuliner dan promosi produk berbasis digital untuk UMKM Pokdarwis Medang. Pada kesempatan ini juga ada pelaksanaan hibah Kemdikbudristek, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Tahun Anggaran 2024,” terang Andy Firmansyah, Community Outreach Manager UMN.

BACA JUGA : PKM Kampus UMN Hadirkan Aplikasi Digital Marketing untuk UMKM di Desa Curug Sangereng

Menurut Nuri Nurzikri, Ketua Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Medang, Kecamatan Pagedangan, acara ini digagas oleh UMN. Kemdikbudristek menurunkan hibah untuk UMKM dan UMN ini memilih Kelurahan Medang untuk turunnya hibah itu.

“Kebetulan di Medang sendiri memang kami Pokdarwis atau singkatan dari Kelompok Sadar Wisata, itu cukup aktif. Pokdarwis ini memang amal baktinya itu memang menaungi atau membantu UMKM yang ada di Kelurahan Medang,” terang Nuri.

Masih menurut Nuri, total ada 100 UMKM binaan Pokdarwis Medang. yang memang membutuhkan naungan atau bimbingan bagaimana mereka bisa berkembang. “Dari 100 ini, kita pilih yang memang aktif itu 20 UMKM,” bebernya.

Pokdarwis ini, lanjutnya, bergerak untuk amal bakti kepada UMKM yang ingin naik kelas dan mereka butuh bimbingan. Di Pagedangan atau Medang Lestari ini kan, katanya di kelilingi pembangunan – pembangunan pengembang besar. Dan masyarakat itu hanya jadi penonton, selama ini.

“Dan mereka yang punya skill, kemampuan berjualan kita bantu mereka untuk mengakses ini, salah satunya dapat hibah ini, hibah alat kerja, yang berkaitan dengan UMKM. Berupa alat perlengkapan untuk usaha seperti meja, dll,” Nuri

“Swasta ini luar biasa, akademisi, aware sekali. Jadi, kalo ditanya harapannya wah luar biasa, UMKM, mereka itu butuh kail. Harapan kami UMKM naik kelas,” pungkas Nuri Nurzikri, Ketua Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Medang yang juga pelaku UMKM. (bd)

Komentar Anda

comments