Tangsel Target Pertahankan Juara Umum di Popda XI Provinsi Banten

Palapanews.com- Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan secara resmi melepas 317 atlet dan 80 pelatih serta asisten pelatih yang akan mengikuti gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XI 2024 di Blandongan, Balai Kota Tangsel, Senin (3/6/2024).

Pilar mengatakan, kontingen Tangsel yang menyabet juara umum di Popda X 2022, menargetkan mempertahankan pencapaiannya menjadi juara umum di Popda XI 2024.

“Ya saya berharap, bahwa di Popda ini kita bisa menjadi juara umum kembali. Karena Popda sudah lima kali berturut-turut. Mudah-mudahan tahun ini kita bisa menunjukan potensi kita yang sesungguhnya bahwa di 24 cabor ini semuanya bisa memaksimalkan meraih emas,” tegas Pilar.

Tak hanya itu, Pilar menjelaskan jika ajang Popda XI sebagai langkah bagi para atlet untuk menuju ajang bergengsi lainnya yakni Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten 2026, dimana Tangsel ditunjuk menjadi tuan rumah.

“Karena kita akan menghadapi Porprov juga ini merupakan langkah pertama kita untuk kedepan, Porprov juga kita targetkan juara umum. Jadi, tunjukan dahulu di Popda ini keseriusannya, semangat kita, tekad kita untuk menjadi juara,” terangnya.

Pilar juga sudah menyiapkan, sejumlah bonus bagi atlet berprestasi yang menyumbangkan medali bagi Kota Tangsel.

“Bonus sudah ditentukan. Tapi kita sudah menyiapkan karena dari tahun sebelumnya kita naikan dua kali lipat kurang lebih,” tutur Pilar.

Senada, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Mursinah mengaku optimis para atlet Tangsel bisa merebut Juara Umum di Popda XI 2024.

“Harus optimis, kita sudah mempersiapkan jauh-jauh hari yah terkait Popda. Karena kita bekerjasama dengan stakeholder termasuk Dinas Pendidikan, KONI termasuk beberapa cabor kita sudah siap,” ujar Mursinah.

Seremoni pelepasan atlet Tangsel untuk Porda XI Banten. Foto: Nad

Mursinah juga menjelaskan, jika ajang olahraga bergengsi di wilayah Banten dua tahunan ini, sekaligus menjaring bibit-bibit atlet terbaik yang dipersiapkan untuk menuju Porprov Banten 2026.

“Ini kan agenda rutin 2 tahunan dengan tujuan menjaring bibit atlet di tingkat Nasional maupun Internasional. Dan Tangsel, nanti menjadi tuan rumah Porprov di tahun 2026. Kita harap atlet dapat menuaikan prestasi, karena kurun beberapa tahun Podpa di Banten menuai prestasi gemilang karena juara umum 5 tahun berturut-turut. Tahun ini berharap tetap menjadi juara umum,” jelas Mursinah.

Sementara itu, Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Kota Tangsel, Dodi Harianto mengatakan, mempersiapkan 24 atlet dan pelatih untuk di semua nomor pertandingan.

“Kita turun di semua nomor pertandingan Kayak 1, Kayak 2, Kayak 4 putra dan putri. Ada Cano 1, Cano 2 dan dragon boat putra putri,” ungkap Dodi.

Dodi juga mengatakan, tak gentar menghadapi atlet tuan rumah dan menargetkan meraih 4 medali.

“Untuk target medali sementara 4 aja dulu, karena kita juga paham kekuatan tuan rumah yang punya Atlet banyak dan fasilitas yang ok. Tapi, dengan persiapan atlet Popda sejak bulan November, mudah-mudahan dapat hasil memuaskan,” tutup Dodi. (adv)

Komentar Anda

comments