Berjalan Sukses, Kampus UMN Kembali Kedatangan Delegasi KOICA dan Bahas Keberlanjutan Program Kerja Sama

Palapanews.com – Kedatangan delegasi The Korea International Cooperation Agency (KOICA) ke Universitas Multimedia Nusantara ( UMN) Gading Serpong, Tangerang disambut hangat pihak kampus.

Pada Rabu, 22 Mei 2024 Vice President KOICA Sohn Jung Mee selaku delegasi bersama timnya melakukan  campus visit untuk melihat lihat laboratorium serta fasilitas KOICA yang ada di kampus UMN. Pada kunjungan kali ini, juga diisi dengan acara diskusi antara kedua belah pihak.

Sebelumnya KOICA dan Wakil Menteri Kerjasama Pembangunan Internasional Korea Selatan Hahn Gyeong-Phil telah mengunjungi UMN untuk meninjau program Smart Factory & Cloud-Big Data. Pada kunjungan tersebut juga dilakukan pengecekan lab, dan diskusi bersama.

Kunjungan Sohn Jung-Mee selaku Vice President KOICA Pusat didampingi oleh Ra Kap-Chae selaku Head KOICA, Jeong Yun – Gil selaku Country Director KOICA Indonesia, Lee Jeong-Wook selaku Deputy Country Director KOICA Indonesia, Kim, Hyung-Seo staff KOICA.

BACA JUGA : Kolaborasi UMN, Silla University dan KOICA Gelar Konferensi Tentang AI & Industri 4.0 di Indonesi

Sementara dari kampus UMN ada jajaran rektorat UMN Dr. Ninok Leksono, M.A, Dr. Friska Natalia, S.Kom., M.T, Dr. Ir. Andrey Andoko, Ika Yanuarti, dan Prof. Dr. Muliawati Siswanto.

Acara dibuka dengan penampilan Tari Nandak Jantik berasal dari Betawi oleh Tracce UMN sebagai tari sambutan kepada KOICA, serta sambutan dari rektor UMN sebagai pembuka diskusi.

“Saya sangat berterima kasih atas kedatangan KOICA, dan perpanjangan juga program ini. Menurut saya program ini sangat penting, karena pendidikan di Indonesia ini masih kurang merata dan masih kurang kesadaran orang-orang tentang pentingnya pendidikan sehingga dengan adanya program ini semoga bisa seperti apa yang diharapkan,” ungkap Ninok.

BACA JUGA : Kampus UMN Lanjutkan Bangun Masa Depan Bersama KOICA dan Silla University Korea

Pada kesempatan pembahasan diskusi, Vice President KOICA Sohn, Jung-Mee menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas upaya UMN dalam menjalankan program yang bermanfaat ini. Oleh karena itu, KOICA siap mendukung keberlanjutan dan pengembangan program ini untuk memastikan bahwa lebih banyak lulusan perguruan tinggi akan merasakan manfaatnya.

“Saya sangat berterima kasih dengan semua yang terlibat dalam program dan acara pada hari ini. Program ini sangat bagus untuk industri saat ini, kami dari KOICA sangat mendukung. Saya sendiri puas dengan adanya program pelatihan ini. Saya harap program ini bisa terus berkembang dan berekspansi agar terjalin kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan lebih banyak lagi,” ungkap Sohn Jung-Mee.

Dipastikan, program KOICA bersama UMN akan dilanjutkan hingga akhir tahun 2026, dan pembaharuan pendanaan sebesar total 750 USD. Dengan terusnya berkembang program ini,  menandakan bahwa minat masyarakat Indonesia dalam bidang teknologi masih banyak dan bisa terus diasah.

“Harapan dari perpanjangan program KOICA ini bisa menguntungkan negara Indonesia dan menambahkan lapangan kerja di Indonesia. Semoga UMN bersama Koica dan Silla University bisa terus mengembangkan program ini dan bisa membantu Indonesia,” tandas Sohn Jung-Mee.

BACA JUGA : UMN bersama Silla University dan KOICA Buka Pelatihan Smart Factory dan Cloud Big Data Gratis dan Disalurkan Kerja

Dalam diskusi ini juga dibahas tentang program-program KOICA yang sudah terlaksanakan dengan baik di UMN, salah satu program yang telah terjalin adalah Smart Factory dan Factory Cloud.

Adapun diskusi mengenai pembelajaran baru yang akan ditekankan yakni mengenai Artificial Intelligence. Banyak lulusan perguruan tinggi di Jabodetabek telah mendapat banyak manfaat dari pelatihan gratis yang diberikan oleh UMN dan KOICA ini.

“Memang program masih akan sama seperti sebelumnya, tidak ada perubahan, tapi kami mau menambahkan materi baru mengenai artificial intelligence, karena melihat perkembangan saat ini menurut saya AI ini cukup penting,” ucap Andrey Andoko menjelaskan.

Delegasi KOICA berkesempatan keliling kampus untuk melihat fasilitas-fasilitas dari KSU4IRTC yang dibuat dari kerja sama antara KOICA, Silla University dan UMN yang diperuntukkan untuk pelatihan, serta melakukan kunjungan ke Global Office, dan juga demonstrasi di laboratorium smart factory dan Cloud Factory yang sudah dibuat.

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berharap kedepannya kerja sama bersama KOICA dan Silla University dapat terus berlanjut dan juga berkembang. (rls/bd)

Komentar Anda

comments