Selama Pemilu, Dinkes Tangsel Kerahkan Ribuan Tenaga Kesehatan Tangani Petugas TPS

Palapanews.com- Selama pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, Dinas Kesehatan (Tangsel) mengerahkan sebanyak 1.230 tenaga kesehatan untuk memastikan kesehatan para petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta pemilih di wilayah Tangerang Selatan

“Alhamdulilah hingga hari ini, kondisi kesehatan para petugas TPS aman, sejak tanggal 14-15 Februari lalu, memang ada beberapa orang yang kami lakukan tindakan penanganan medis karena kelelahan dan penyakit yang kambuh,” ucap Hal tersebut disampaikan Wakil Walikota Tange Pilar Saga Ichsan saat ditemui di Puspemkot Tangsel, pada Jumat (16/2/2024).

Lebih rinci, Pilar menjelaskan bahwa secara keseluruhan total pasien hingga Jumat (16/02) sebanyak 109 orang. Dimana paling banyak berasal dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Jadi petugas KPPS ada 54, petugas lainnya yang terlibat 29, pemilih 14, PPS 4, Bawaslu 3, saksi 3 dan lainnya ada 2,” jelasnya.

Disampaikan olehnya, tenaga kesehatan terus melakukan monitoring untuk memastikan kesehatan para petugas TPS dan lainnya terjaga.

“Mereka telah melakukan dari sebelum Pemilu, hari H pencoblosan, hingga selesai pencoblosan. Karena memang panjang proses para petugas TPS ini bekerja. Kami tugaskan tenaga kesehatan untuk monitoring terus,” ucapnya.

Atas hal itulah, Pilar mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang terlibat memastikan Pemilu berlangsung lancar.

“Terima kasih kepada kawan-kawan tenaga kesehatan yang sudah bekerja keras untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para petugas TPS, warga, kita doakan semoga semua berjalan lancar, aman dan sehat selalu,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan, jumlah petugas KPPS yang dirawat hingga 19 Februari 2024 sebanyak 7 orang.

“Jumlah petugas KPPS yang dirawat tanggal 14 februari 2024 sampai dengan Senin 19 februari 2024 sejumlah 7 orang dengan diagnosa dyspepsia atau mual muntah nyeri ulu hati. Adapun komorbid/ penyakit penyerta adalah hipertensi atau darah tinggi,” papar Allin.

Tim dari Dinkes Tangsel memberi penjelasan kepada Wakil Wali Kota. Foto: Ist

Bahkan, diakui Allin, Pemerintah Kota Tangsel akan mendampingi petugas KPPS yang belum memiliki kartu jaminan kesehatan.

“Petugas KPPS yang belum punya BPJS kesehatan dibiayai dan pengaktifan kembali BPJS yang susah tidak aktif oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan” tandasnya.

Allin juga menegaskan, meski sudah melewati Pilpres dan Pileg, Dinas Kesehatan Kota Tangsel sudah mempersiapkan pelayanan menghadapi Pilkada di November 2024 mendatang.

“Dalam upaya antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terkait kesehatan, kami akan melakukan skrining kembali petugas KPPS, memonitor petugas yang mempunyai penyakit dan memastikan penyakitnya terkendali,” terangnya.

Bahkan, dengan terbitnya surat edaran Wali Kota Tangsel No. 400.7.2.3/1031/Dinkes/2024 tentang dukungan dan kerjasama dalam rangka pemberian pelayanan kesehatan untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan pemilihan umun dan pemilihan kepala daerah tahun 2024.

Keputusan Wali Kota Tangsel no 100.1.4/Kep.37-Huk/2024 tentang tim bidang kesehatan dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi pemilu.

Terbitnya Peraturan Wali Kota no 12 tahun 2024 tentang jaminan kesehatan bagi petugas penyelenggaraan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah.

Kemudian, terbitnya surat Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang sselatan no. 400.7.3.2/0921/yankes tentang dukungan rumah sakit dalam penyelenggaraan pemilu dan pilkada tahun 2024 dan surat Kepala
dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan No. 400.7.2.3/0935/yankes tentang himbauan kepada klinik kesiapsiagaan pemilu.

Allin dapat memastikan, jika pelayanan yang diberikan menghadapi Pilkada serentak di November 2024 akan berjalan maksimal.

“Untuk itu tim kesehatan akan siaga di TPS dan penghitungan suara di kecamatan serta tingkat kota, ⁠UPTD puskesmas dan rumah sakit rujukan sudah di siapkan untuk antisipasi kegawatdaruratan,” ucap Allin. (adv)

Komentar Anda

comments