‘Skystar Youngpreneur Competition’ UMN Kembali Digelar, Ajak Siswa SMA Bermindset Entrepreneur

Palapanews.com – Skystar Ventures UMN kembali menggelar Skystar Youngpreneur Competition. Acara berlangsung di Raffles Christian School dan Sekolah Perkumpulan Mandiri pada Senin (22/01/2024) hingga Jumat (26/01/2024).

Melalui Skystar Ventures Universitas Multimedia Nusantara (UMN) kembali mengajak siswa-siswi sekolah menengah untuk mengembangkan mindset seorang entrepreneur. Kali ini, Skystar Ventures UMN berkolaborasi dengan DANA sebagai industry partner.

Melalui serangkaian tahapan acara, lebih dari 50 siswa dan siswi Sekolah Perkumpulan Mandiri dan Raffles Group of Schools dilatih untuk menumbuhkan kreativitas dan keterampilan kewirausahaannya, serta mengembangkan minat bisnis mereka.

Kegiatan ini dimulai dengan pembentukan tim yang dilanjutkan dengan brainstorming dan memperkaya pengetahuan industri. Setelah itu, peserta akan memperdalam identifikasi masalah dan melakukan riset untuk solusi yang inovatif berdasarkan masalah industri sesungguhnya yang dibawakan oleh DANA.

Pada tahap terakhir, peserta akan memfinalisasi solusi dari ide inovasi mereka dengan melakukan pitching kepada DANA dan perwakilan dari venture capital (VC). Melalui sesi ini, para siswa akan mendapatkan saran, masukan, dan tanggapan yang dapat membantu mereka semakin mengenal realita industri. Selain itu, tiga kelompok dengan ide terbaik akan memperoleh hadiah dengan total nilai Rp 2.250.000.

Skystar Youngpreneur Competition tentunya memberikan kesempatan yang menyenangkan tapi juga menantang bagi siswa-siswi yang menjadi peserta. Mereka berkesempatan untuk berkolaborasi, membentuk karakter, menganalisa masalah, dan mempresentasikan ide mereka secara profesional dengan bantuan mentor-mentor yang sudah berpengalaman di bidangnya.

BACA JUGA : Wisuda XXV UMN : Manfaatkan AI Sebagai Peluang dan Inovasi Dunia Kerja, Bukan Ancaman

“Ini benar-benar sebuah kesempatan untuk mereka. Kesempatan untuk berkumpul dan berinteraksi. Kesempatan untuk datang dan belajar bersama. Tidak hanya belajar dari satu sama lain, tetapi juga belajar dari mentor dan fasilitator. Mereka mendapat kesempatan untuk belajar dari studi kasus dari orang-orang yang berpengalaman,” ujar Gary Tan, Director Raffles Group of School.

“Program ini juga merupakan wujud nyata dari pembelajaran kolaboratif yang tidak hanya memupuk bakat kewirausahaan dan kepemimpinan, tetapi juga membentuk karakter dan pengetahuan praktis dalam menghadapi dunia bisnis yang semakin dinamis,” tambah Yenny Chandra, Academic Director Sekolah Perkumpulan Mandiri.

Skystar Youngpreneur Competition sendiri telah dilaksanakan dua kali sejak 2023. Kegiatan ini merupakan wujud dari keinginan Skystar Ventures, Universitas Multimedia Nusantara, dan DANA, beserta dengan Raffles Group of School dan Sekolah Perkumpulan Mandiri untuk menjadi bagian dari menciptakan masa depan yang dipimpin oleh generasi yang berpikiran kritis, kreatif, dan inovatif demi menopang ekonomi bangsa.

“Indonesia membutuhkan lebih banyak entrepreneur. Dengan mengenalkan entrepreneurship lebih dini, diharapkan lebih banyak tercipta entrepreneur baru yang akan berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja,” ungkap Andrey Andoko, Head of Incubator Skystar Ventures UMN, sekaligus Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan UMN. (rls/bd)

Komentar Anda

comments