Waspada Limbah Elektronik dan Beracun, DLH Kota Tangerang Buka Layanan Penjemputan ke Rumah

Palapanews.com Untuk memberikan layanan persampahan ke masyarakat, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang meluncurkan program penjemputan limbah elektronik atau e-Waste yang mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3) dari permukiman warga.

Program jemput sampah B3 ini, selain e-Waste juga menjemput B3 medis rumah tangga dan B3 rumah tangga.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kota Tangerang, Tihar Sopian bahwa program ini dapat diakses dengan melakukan permohonan ke petugas melalui nomor whatsapp di 0811-1631-631.

“Selain program Jemput Sedekah Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang juga ada program Jemput Sampah B3 e-Waste, B3 medis rumah tangga dan B3 rumah tangga. Karena kalau asal buang akan sangat berbahaya,” ungkap Tihar, Senin, 22 Januari 2024.

Tihar menerangkan, limbah yang termasuk dalam B3 e-Waste adalah televisi, kulkas dimensi satu pintu, lampu, batu baterai, kabel, komputer bekas dan handphone bekas. Sedangkan B3 medis rumah tangga ialah botol bekas obat, kemasan obat dan masker bekas dan yang termasuk B3 rumah tangga ialah botol aerosol, kaleng pestisida dan botol pembersih.

“Apabila ada masyarakat yang di rumahnya memiliki sampah B3 e-Waste, B3 medis rumah tangga dan B3 rumah tangga dengan kriteria tersebut. Bisa langsung melakukan permohonan penjemputan ke petugas DLH Kota Tangerang dengan minimal berat sampah B3 sekitar 2,5 kilogram,” paparnya.

Sementara itu, layanan tersebut dibuka dengan harapan dapat memperkecil pencemaran lingkungan akibat sampah elektronik yang dibuang sembarangan.

“Dengan itu, diharapkan kepedulian pada lingkungan Kota Tangerang hadir dari semua pihak, elemen dan individu di Kota Tangerang. Masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan TPS3R, layanan Sedekah Sampah hingga Jemput Sampah seperti ini,” jelasnya.(ydh)

Komentar Anda

comments