Cek Tagihan Listrik secara Berkala agar Terhindar dari Hal Ini

Palapanews.com- Kenaikan tarif dasar listrik oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara) yang terjadi akhir-akhir ini membuat para pelanggan harap-harap cemas. Terlebih lagi bagi pelanggan listrik pascabayar. Berbeda dengan pengguna sistem token, pelanggan listrik pascabayar baru dapat mengetahui total biaya pemakaian listrik bulan ini pada bulan berikutnya. Dan walaupun persentase perubahannya diinformasikan secara gamblang, tetap saja memperkirakan jumlah tagihan listrik tak semudah itu. Cek tagihan listrik berkala semakin penting dilakukan agar tak terlambat melakukan pembayaran.

Tanggal jatuh tempo alias batas akhir pembayaran tagihan listrik yang ditetapkan oleh PLN adalah setiap tanggal 20 setiap bulannya. Maka jika Anda membayar tagihan lewat dari tanggal tersebut, bersiaplah untuk dikenakan denda. Aturan terkait tagihan, pembayaran, hingga pemutusan listrik oleh PLN sendiri ternyata ikut diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017.

Hal yang Mungkin Terjadi jika Gagal Membayar Tagihan Listrik Tepat Waktu

  1. Dikenakan Denda

Denda keterlambatan pembayaran listrik bervariasi tergantung dengan jumlah daya yang terpasang. Dimulai dari Rp 3.000 bagi pengguna daya 450 VA (Volt Ampere) hingga 3% dari jumlah total tagihan (minimal Rp 75.000) untuk pengguna daya 6600 VA ke atas.

  1. Pemutusan Aliran Listrik

Pemutusan aliran listrik akan dilakukan jika pelanggan terlambat membayar tagihan listrik lebih dari 30 hari setelah batas waktu pembayaran. Namun di titik ini, pihak PLN belum akan melakukan pencabutan permanen instalasi listrik yang ada di pelanggan.

  1. Pemutusan atau Pencabutan Listrik Permanen

Pemutusan listrik dengan cara membongkar instalasi layanan berhak dilakukan PLN jika pelanggan menunggak pembayaran lebih 60 hari. Namun hal ini tetap dengan prosedur resmi yang berlaku. Jika layanan listrik telah resmi dicabut, maka untuk mengaktifkannya kembali harus melalui prosedur permintaan sambungan baru.

Mengingat besarnya dampak yang akan dihadapi jika telat membayar tagihan listrik, maka pelanggan disarankan untuk rajin mengecek tagihan setiap awal bulan. Dan jika tagihan sudah muncul, maka segeralah membayarnya.

Pengecekan Tagihan dan Pembayaran Listrik yang Mudah dan Cepat

Saat ini berbagai aplikasi yang memudahkan pengguna listrik untuk memantau tagihan listrik telah tersedia. Flip adalah salah satunya. Selain dapat melakukan pengecekan secara online, aplikasi tersebut juga dapat memproses pembayaran listrik dengan mudah. Cukup dengan menginstal aplikasi Flip pada ponsel, Anda dapat segera cek tagihan listrik yang perlu dibayar.

Flip, sebagai sebuah sistem dompet digital, semakin dikenal karena dapat digunakan untuk melakukan transfer antar bank secara gratis. Saat ini pun telah banyak pengguna dan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang terbantu dengan hadirnya aplikasi ini. Tak lupa serangkaian produk digital seperti token listrik, paket data, dan pembayaran listrik yang turut menjadikan Flip sebagai solusi satu pintu bagi aktivitas finansial masyarakat.

Sebagai tambahan, Flip sendiri juga telah terbukti sebagai aplikasi yang legal dan terpercaya. Izin atau lisensi dari Bank Indonesia telah dikantongi sejak tahun 2016.

Langkah Instalasi Aplikasi Flip dan Cara Cek Tagihan Listrik

Berikut di bawah adalah cara untuk memiliki aplikasi Flip di ponsel dan melakukan pengecekan tagihan listrik dengan cepat.

  1. Unduh aplikasi Flip melalui Playstore atau App Store, lalu instal.
  2. Buka aplikasi Flip dan klik “Daftar”
  3. Masukkan data “Nama Lengkap” dan “Nomor HP”, kemudian klik “lanjut”.
  4. Masukkan alamat “Email” dan buat kata sandi sesuai ketentuan.
  5. Klik “Daftar”.
  6. Verifikasi akun anda dengan memasukkan kode OTP (One Time Password) yang akan dikirimkan melalui SMS atau WhatsApp.
  7. Selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat 6 digit PIN dan mengkonfirmasikannya untuk mengamankan transaksi Anda.
  8. Selesai. Anda pun akan disambut dengan halaman utama aplikasi Flip.

Setelah berada pada halaman utama aplikasi Flip, Anda dapat melakukan pengecekan tagihan listrik dan pembayarannya seperti di bawah.

  1. Klik ikon “Listrik”
  2. Kemudian pilih menu “TAGIHAN LISTRIK.
  3. Masukkan nomor ID pelanggan PLN Anda.
  4. Lalu klik “CEK TAGIHAN LISTRIK” untuk melihat jumlah tagihan yang harus dibayarkan
  5. Untuk melakukan pembayaran, klik “Lanjut”.
  6. Anda akan diberikan opsi untuk melakukan pembayaran melalui saldo atau KOIN FLIP atau dengan metode TRANSFER ANTAR BANK.
  7. Jika Anda memilih untuk melakukan pembayaran melalui KOIN FLIP, pastikan saldo anda mencukupi jumlah tagihan yang harus dibayarkan.
  8. Namun jika Anda memilih untuk melakukan pembayaran dengan cara TRANSFER ANTAR BANK, maka Anda dipersilakan untuk memilih nama Bank yang dituju.
  9. Lakukan transfer segera ke rekening Bank sesuai informasi melalui ATM, mobile banking, atau internet banking.
  10. Setelah transfer, ingat untuk melakukan konfirmasi di aplikasi Flip dengan klik tombol “SAYA SUDAH TRANSFER”.
  11. Flip segera memproses transaksi pembayaran tagihan listrik Anda dan bukti pembayaran akan dikirimkan ke email Anda yang sudah terdaftar di aplikasi. (red)

Komentar Anda

comments