Berkunjung ke Jakarta? Jangan Lupa Datangi Tempat Makan Legendaris Berikut

Palapanews.com- Jakarta memang terkenal dengan segala kecanggihan dan perkembangan kotanya yang cukup pesat. Tidak hanya itu, banyak sekali kemudahan yang di dapat saat kamu sedang berada di kota ini, seperti adanya transportasi umum TransJakarta dan kereta MRT.

Meskipun perkembangan zaman membuat perubahan sedikit demi sedikit, Jakarta masih mempertahankan beberapa eksistensi budaya tempo dulu yang masih kental, seperti ondel-ondel dan makanan khas Jakarta. Berbicara soal makanan, Jakarta juga memiliki banyak tempat makan legendaris yang sudah ada sejak bertahun-tahun lalu.

Tempat-tempat makan legendaris tersebut tak jarang memikat hati para wisatawan yang berkunjung karena penasaran. Selain karena sudah ada sejak lama, tempat-tempat makan tersebut memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan resto-resto kekinian. Apa saja ya tempat makan legendaris tersebut? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Ragusa Es Krim Italia

Bagi pencinta kuliner, tempat es krim legendaris yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Sudah ada sejak tahun 1930-an, Ragusa memiliki cita rasa konsisten yang nikmat sehingga dicintai oleh banyak orang. Tempat ini memiliki beberapa menu es krim yang enak, tapi kamu bisa memilih es krim terkenal mereka yang berbentuk spageti yang unik.

Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal, hanya mulai dari Rp15 ribu-an saja. Selain itu, kamu juga akan mendapati interior kuno dan juga nuansa zaman dahulu yang kental saat berkunjung ke sana. Tempat ini berlokasi di Jalan Veteran 10, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Jangan lewatkan untuk mencicipi es krim legendaris satu ini, ya!

2. Bakmi Gang Kelinci

Tempat makan legendaris selanjutnya adalah Bakmi Gang Kelinci yang sudah berdiri sejak tahun 1957. Tempat bakmi ini selalu ramai pengunjung baik pada jam makan siang maupun pada jam kerja. Bakmi Gang Kelinci sangat populer di kalangan masyarakat karena memiliki cita rasa yang nikmat dan ada berbagai macam menu yang diolah dari mi.

Harga yang ditawarkan pun relatif murah, kamu bisa mendapatkan semangkuk bakmi dengan harga mulai dari Rp20 ribu-an. Bakmi Gang Kelinci berlokasi di Jalan Kelinci Raya 1-3, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Ajaklah teman atau keluargamu untuk menikmati bakmi di tempat legendaris yang satu ini. Pasti seru!

3. Kopi Es Tak Kie

Foto: Canva.com

Ingin menikmati kopi di tempat yang sudah berumur lebih dari 90 tahun di Jakarta? Kopi Es Tak Kie tempatnya! Varian kopi yang ditawarkan di tempat ini memang tidak terlalu banyak, tapi kamu tentu tidak akan kecewa karena rasanya yang nikmat. Terlebih, rasa otentik dari kopi susu yang dijual di sini tidak akan kamu temukan di tempat lain.

Kamu bisa melihat suasana klasik saat memasuki tempat es kopi legendaris ini. Ada papan nama dan hiasan dinding yang masih ada sejak puluhan tahun lalu. Dengan nuansa zaman dulu yang kental, kamu bisa memotret tempat bersejarah ini dengan smartphone dan mengunggahnya ke media sosial. Tempat kopi ini berlokasi di Gang Gloria, Glodok, Kecamatan Taman Sri, Jakarta Barat. Tertarik berkunjung?

4. Restoran Trio

Tempat makan legendaris selanjutnya di dirikan sejak tahun 1947. Restoran Trio menawarkan makanan Kanton dengan sekitar 200 menu makanan, pasti akan membuatmu kebingungan saat memilih. Sama seperti tempat makan legendaris lainnya, Restoran Trio juga memiliki nuansa zaman dahulu yang kental dengan interior klasik yang sederhana.

Restoran ini sangat cocok untuk dijadikan tempat meluangkan waktu berharga bersama keluarga. Meskipun memiliki kisaran harga yang cukup tinggi, Resto Trio patut dijadikan tempat makan yang harus kamu coba. Kamu dapat mengunjungi tempat ini yang berlokasi di Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Jika kamu ingin mengunjungi resto ini di hari libur, tidak perlu khawatir akan tutup karena resto ini buka setiap hari.

5. Asinan Betawi H. Mansyur

Berbicara tentang tempat makan legendaris di Jakarta, rasanya tidak afdal jika tidak membahas Asinan Betawi H. Mansyur. Tempat legendaris yang satu ini sudah ada sejak tahun 1970-an dan pastinya memiliki rasa yang nikmat dan khas. Sesuai namanya, tempat makan yang satu ini memiliki satu menu andalan yaitu asinan.

Asinan yang diracik terdiri dari berbagai macam sayuran seperti kol, tahu, taoge, selada, dan kacang tanah. Untuk menambah kenikmatan, makanan ini disajikan dengan siraman kuah kacang yang kental dan dilengkapi dengan kerupuk kuning dan merah. Kamu bisa menikmati semangkuk asinan ini dengan harga yang relatif murah, hanya sekitar Rp16 ribu-an saja. Jika tertarik dan ingin berkunjung ke sini, kamu bisa datang ke Rawamangun, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Meskipun perkembangan zaman terus berkembang saat ini, ada beberapa tempat makan yang masih terjaga keautentikannya. Tempat-tempat tersebut sudah seharusnya menjadi daya tarik lain Jakarta karena memiliki daya tarik sendiri dan tidak tergusur zaman. Itulah lima tempat makan legendaris di Jakarta yang harus kamu kunjungi. Semoga bermanfaat! (red)

Komentar Anda

comments