Ini, Cara Analisis Data Versi DQLab UMN yang Mudah Dipelajari!

oleh -
banner 300250

Palapanews.com – Analisis data merupakan hal lumrah yang pasti akan selalu dilakukan oleh mahasiswa atau mahasiswi tingkat akhir dalam kuliah dan profesi-profesi data, seperti Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer.

Ketika kalian akan melakukan sebuah penelitian mengenai sebuah fenomena, studi kasus atau lainnya dalam suatu perusahaan, organisasi atau kelompok masyarakat, analisis data menjadi suatu proses penting dalam penelitian kalian.

Meskipun analisis data sudah menjadi suatu keperluan, masih terdapat banyak orang yang kurang mengenal penelitian, metodenya hingga teknik analisis data. Maka dari itu, pada artikel kali ini, kalian akan mendapatkan informasi seputar analisis data dan cara melakukannya versi DQLab UMN. Ayo, cermati bersama ya!

1. Pengertian Analisis Data
Analisis data merupakan suatu proses atau upaya mengolah data menjadi suatu informasi baru. Informasi yang didapat tentunya berperan penting dalam memecahkan suatu masalah. Proses pengolahan data tersebut sangat diperlukan agar karakteristik data mudah dimengerti dan dapat dijadikan solusi untuk suatu masalah, khususnya masalah yang berkaitan dengan penelitian.

Definisi lainnya dari analisis data adalah kegiatan analisis pada suatu penelitian yang sedang dikerjakan dengan memeriksa seluruh data dari instrumen penelitian, seperti contohnya catatan, dokumen, hasil tes, rekaman, dan lainnya. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membuat data semakin lebih mudah dipahami sehingga dapat menarik atau memperoleh suatu kesimpulan.

Baca juga :  DQLab UMN Buka Beasiswa Belajar Data Science Gratis Program Bootcamp 7 Hari

2. Fungsi Analisis Data
Analisis data memiliki beberapa fungsi utama yang berguna untuk mencari jawaban atas masalah-masalah yang diteliti atau ditemukan. Tentunya ketika dilakukan analisis data dalam dunia bisnis, perusahaan akan menjadi semakin lebih terarah dan memiliki data-data yang dapat dijadikan sebagai landasan atas pengambilan keputusan.

Fungsinya yang pertama dari analisis data adalah dapat dijadikan alat untuk menemukan jawaban pada suatu masalah yang ditemukan. Fungsi kedua adalah dapat mengevaluasi permasalahan yang dialami oleh perusahaan. Dan fungsi yang terakhir adalah sebagai acuan untuk pengambilan keputusan dan rencana masa depan industri atau perusahaan.

3. Jenis-jenis Analisis Data
Dalam analisis data, terdapat dua jenis teknik yang sering digunakan dalam penelitian. Dua jenis teknik penelitian tersebut adalah kualitatif dan kuantitatif. Kedua jenis teknik analisis data tersebut selalu digunakan sebagai metode penelitian kuliah atau pendidikan. Pada umumnya, teknik analisis data kualitatif merupakan bahasan konseptual suatu permasalahan.

Teknik dalam analisis data kualitatif adalah analisis konten, analisis naratif, dan analisis wacana. Sedangkan teknik analisis data kuantitatif merupakan penelitian dengan data numerik yang dapat dihitung secara akurat dengan menggunakan hasil survei responden. Teknik dalam analisis data kuantitatif adalah analisis deskriptif, dan analisis inferensial.

4. Langkah dalam Menganalisis Data
Ketika kalian sudah menjalankan tahapan jenis dan model teknik analisis data, kalian sudah melewati tahap awal pengolahan data. Setelah itu, kalian perlu menganalisis dan menafsirkan data-data tersebut agar dapat dimengerti dan diubah menjadi suatu informasi. Ketika menganalisis dan menafsirkan data, kalian dapat menggunakan salah satu dari teknik analisis data kualitatif atau kuantitatif.

Namun yang perlu kalian perhatikan adalah ketika kalian memilih metode penelitian tersebut perlu disesuaikan dengan data-data yang kalian miliki. Proses analisa data tersebut penting karena merupakan satu-satunya jalan yang perlu kalian lewati agar bisa mendapatkan jawaban dari permasalahan penelitian yang kalian jalankan atau lakukan.

Baca juga : DQLab UMN – Xeratic Luncurkan Beasiswa Belajar Intensif Program Pandora Box

5. Lakukan Sesi Belajar Analisis Data Bersama DQLab UMN
Belajar materi mengenai analisis data memang tidak mudah, namun kalian dapat menjalaninya dengan ringan dan menyenangkan bersama DQLab UMN. Tidak hanya mempelajari analisis data, kalian juga dapat belajar materi-materi lainnya seputar Data Science disana.

Caranya mudah sekali, kalian hanya perlu sign up di DQLab.id, lalu kalian dapat langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis sebagai pemanasan sebelum belajar materi-materi data lainnya. Ayo, bergabung bersama DQLab.id dan jadilah expert dalam industri data! (red)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.