Mau Berkarir di Bidang Data? Ketahui Dulu Caranya Bersama DQLab UMN

oleh -

Palapanews.com – Bidang data saat ini, sedang menjadi suatu tren yang diminati oleh masyarakat karena prospek kerjanya yang menjanjikan dan kebutuhan akan tenaga kerja yang sedang meningkat pesat. Bidang data tersebut memiliki ilmu yang menjadi dasar pembelajaran dan acuan, ilmu tersebut adalah Data Science.

Per tahun 2018, kebutuhan akan tenaga kerja dalam bidang Data Science terus menerus meningkat setiap tahunnya. Namun kebutuhan tersebut tidak sebanding dengan ketersediaan, maka perusahaan pun rela memberikan pendapatan yang cukup tinggi untuk tenaga kerja tersebut.

Oleh karena itu, masyarakat sedang bersaing untuk memasuki bidang data agar bisa memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Yuk, ketahui cara memasuki bidang data agar kalian tidak ketinggalan!

1. Pengertian Data Science
Sebelum membahas Data Science, mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui bahwa Data Science merupakan salah satu dari tiga tipe big data. Big data sendiri merupakan istilah untuk mengelompokkan data dalam jumlah yang sangat besar.

Tiga tipe dalam big data meliputi data terstruktur, tidak terstruktur, dan semi struktur. Data Science merupakan ilmu menjanjikan karena dapat membawa keuntungan bagi siapapun yang mempelajarinya.

Secara definisi, Data Science merupakan ilmu penggabungan antara matematika, statistik, dan ilmu komputer yang bertujuan untuk mengolah data. Siapapun dapat belajar Data Science karena belajar ilmu ini tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan tertentu.

Selain itu juga, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kesempatan kalian untuk bergabung dengan perusahaan besar atau idaman kalian pun sangat besar. Masih banyak perusahaan yang kebingungan dalam mengelola data yang mereka miliki, oleh karena itu perusahaan membutuhkan ahli data.

Meskipun kebutuhan akan tenaga kerja ini banyak, namun masih terdapat banyak orang yang belum mengetahui akan ilmu Data Science sehingga masih memungkinkan kalian untuk bersaing dengan mudah.

Baca juga : Tertarik dengan Data Science? Ini Dia Profesi Cemerlang untuk Kamu Versi DQLab UMN

2. Dasar Ilmu Data Science
Dalam ilmu Data Science terdapat beberapa keahlian dasar yang perlu dipahami agar pekerjaan dapat berjalan dengan baik. Yang pertama adalah pelacakan data atau data tracking, dalam fase ini, kalian bisa mengambil data dari berbagai sumber.

Yang kedua adalah data pipelines, pengumpulan data bisa dilakukan dengan memanfaatkan fase kedua tersebut. Yang ketiga adalah business intelligence, dalam fase ini perlu memanfaatkan beberapa tool seperti R Shiny, Apache Airflow, dan Data Studio untuk mengidentifikasi dan menghitung metrik.

Yang keempat adalah exploratory analysis yang dimana menggunakan analisis umum untuk menggali data. Yang kelima adalah model prediksi, tentunya pada fase ini kalian perlu menemukan pendekatan dan menyajikan model prediktif, serta metode untuk mengevaluasi kinerja model. Dan yang terakhir adalah produksi model, fase ini mencakup productizing Data Science sehingga memungkinkan kalian untuk menemukan pendekatan dalam penyebaran model.

3. Cara Belajar Ilmu Data Science
Banyak sekali cara agar kalian dapat menguasai ilmu Data Science, kalian dapat mendaftarkan diri ke tempat kursus data. Selain itu juga, kalian bisa memasuki komunitas yang berfokus pada Data Science. Dengan tempat belajar yang tepat, kalian dapat mengembangkan skill atau keahlian yang dibutuhkan dalam ilmu Data Science dengan maksimal dan tidak mengecewakan.

Diluar tempat kursus dan komunitas, kalian juga bisa mempelajari atau mendapatkan materi-materi seputar Data Science di website, blog, Youtube, dan masih banyak lagi. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, apabila kalian sudah mempelajari Data Science secara maksimal, kalian perlu menguji kemampuan tersebut dengan melakukan praktik kerja secara nyata. Dengan begitu, kalian dapat semakin mengasah kemampuan dan memperbanyak pengalaman.

4. Prospek Karir Data Science
Karena ilmu Data Science sangat berguna untuk suatu perusahaan, maka terdapat beberapa profesi turunan dari Data Science yang tepat untuk kalian jadikan referensi ketika akan melamar kerja

Beberapa profesi tersebut adalah Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analyst, dan Developer. Namun dari beberapa profesi tersebut, saat ini terfokus pada tiga profesi utama yang menjadi incaran banyak calon pekerja data. Profesinya adalah Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer.

Kebutuhan akan ketiga profesi tersebut dalam beberapa tahun belakangan ini terus meningkat dikarenakan tenaga kerja yang tersedia masih terbilang sedikit sehingga tidak mencukupi kebutuhan perusahaan-perusahaan. Dalam ketiga profesi tersebut, terdapat juga jenjang karir yang dimana ketika kalian sudah semakin ahli dan kemampuan kalian diakui, kalian dapat meraih jenjang tertinggi dari profesi data yang kalian geluti.

Baca juga : Belajar Excel untuk Profesi Data Scientist Versi DQLab UMN

  1. Maksimalkan Materi Data Science Kamu Bersama DQLab UMN

Belajar Data Science merupakan hal yang cukup rumit untuk dipelajari, kalian memerlukan tempat dan materi belajar yang menyenangkan untuk dijalani. DQLab dapat memberikan kalian dua komponen tersebut, ditambah lagi dengan tutor atau pengajar yang sudah berpengalaman dalam dunia data.

Apabila kalian tertarik, kalian bisa sign up di DQLab.id, kemudian kalian dapat langsung mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ sebagai materi pertama dalam sesi belajar di DQLab.id. Ayo, pelajari Data Science sampai tuntas dan mulai karir kalian di industri data! (red)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.