Belajar Excel untuk Profesi Data Scientist Versi DQLab UMN

oleh -

Palapanews.com – Profesi data khususnya Data Scientist sudah menjadi salah satu profesi pekerjaan yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan saat ini. Kebutuhan akan tenaga kerja dalam bidang data tersebut sangat banyak sehingga membuat banyak orang juga berlomba-lomba untuk mempelajari dasar-dasar dan keahlian dalam profesi tersebut.

Terdapat satu aplikasi populer yang sering digunakan oleh profesi Data Scientist dan membantu pekerjaan mereka menjadi lebih efisien. Aplikasi tersebut adalah Microsoft Excel, aplikasi pengolah data tersebut sudah menjadi top of mind masyarakat, khususnya profesi Data Scientist. Yuk, ketahui lebih banyak informasi seputar Excel!

1. Pengertian Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan aplikasi ciptaan perusahaan Microsoft yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1985. Seiring berjalannya waktu, Excel semakin berkembang dan memiliki versi terbaru yang dapat membuat hasil pekerjaan menjadi lebih rapi, tepat, dan profesional. Saat ini, Excel sudah mencapai versi paling baru, yaitu versi 12.0.

Secara definisi, Excel merupakan program aplikasi lembar kerja atau spreadsheet yang dapat digunakan untuk mengolah data dan memvisualisasikannya. Excel dapat digunakan dalam Windows dan Mac OS. Banyak orang menyukai Excel karena kelengkapan fitur dan fungsi-fungsi yang sangat mudah untuk pengaplikasiannya.

Baca juga : Bingung Pilih Data Scientist atau Data Analyst? Simak Perbedaannya Yuk

2. Pengertian Data Scientist
Data Scientist merupakan seseorang yang bertugas untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisa data sehingga dapat digunakan dalam pengambilan keputusan suatu perusahaan atau organisasi. Profesi Data Scientist tidak hanya bisa dijalani oleh latar belakang pendidikan sains, namun semua latar belakang pendidikan dapat menjalaninya.

Karena profesi tersebut yang memegang kendali di balik pengolahan data perusahaan, maka tanggung jawab yang diemban juga sangat besar untuk menganalisa dan pendapatan informasi untuk pengembangan bisnis. Data Scientist juga bertugas untuk mencari informasi yang berguna untuk pengembangan bisnis dengan menggunakan metode statistik.

3. Fungsi Microsoft Excel
Excel memiliki fungsi utama untuk membuat, mengedit, menganalisa, dan meringkas data yang bersifat numerik. Namun, agar kalian dapat mengerti lebih dalam mengenai Excel, kalian bisa melihat poin-poin di bawah ini yang menyebutkan mengenai fungsi Excel secara keseluruhan. Berikut fungsi Excel secara keseluruhan.

– Untuk pembuatan daftar laporan keuangan, nilai, dan kehadiran.
– Dapat digunakan untuk operasi perhitungan seperti kali, bagi, dan rata-rata.
– Dapat menghitung kurs mata uang asing.
– Untuk pembuatan grafik dan tabel.
– Dapat digunakan sebagai alat pembantu penyelesaian soal logika dan matematika.
– Dapat menyajikan data secara lebih tepat, rapi, dan akurat.
– Dapat menghitung secara otomatis dengan penggunaan rumus dan logika.

4. Prospek Karir Data Scientist
Profesi Data Scientist tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi, namun hampir semua bidang dapat dimasuki oleh profesi tersebut. Maka dari itu jenjang karir yang dimiliki profesi Data Scientist sangat sedikit, tetapi memerlukan kemampuan atau pengalaman yang sangat banyak.

Jenjang karir pertama adalah Data Scientist, jenjang karir tersebut akan kalian dapatkan ketika kalian baru memasuki perusahaan dengan sedikit pengalaman. Jenjang karir berikutnya adalah Senior Data Scientist, jenjang karir ini baru bisa kalian dapatkan saat pengalaman dan kemampuan yang kalian miliki sudah cukup mumpuni dan sudah mulai diakui oleh banyak orang. Dan untuk jenjang karir tertinggi dalam profesi Data Scientist adalah Chief Data Scientist.

Baca juga :  Mau Jadi Data Scientist? Yuk Kenali Dulu Seperti Apa Profesinya Ini!

5. Kembangkan Skill Data Scientist Bersama DQLab UMN

Menjadi seorang Data Scientist tidak hanya belajar mengenai Excel, namun masih banyak skill atau keahlian yang perlu kalian miliki agar dapat menjadi Data Scientist yang berhasil. DQLab dapat kalian jadikan sebagai tempat berkembangnya skill-skill tersebut, kalian juga dapat mematangkan diri sebelum memasuki industri data. Jika kalian tertarik untuk bergabung dengan DQLab, kalian dapat sign up di DQLab.id untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Keuntungannya seperti mendapatkan materi seputar Data Science yang lengkap, sertifikat, pengajar yang berpengalaman, dan masih banyak lagi. Salah satunya juga ketika kalian sudah berhasil bergabung dengan DQLab, kalian bisa langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis, lho! Ayo, menjadi bagian dari DQLab.id dan jadilah Data Scientist profesional! (red) 

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.