Mau Jadi Data Scientist? Yuk Kenali Dulu Seperti Apa Profesinya Ini!

oleh -

Palapanews.com – Pada masa kini, yang dimana hampir seluruh kegiatan dapat dilakukan secara digital, lahirlah beberapa profesi yang berkaitan dengan hal tersebut. Kegiatan yang dilakukan secara digital dapat menghasilkan yang biasa disebut dengan rekam digital, banyak perusahaan yang menggunakan rekam digital tersebut untuk semakin memajukan usaha mereka.

Profesi-profesi yang berkaitan antara lain Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analyst, dan Developer. Namun pada artikel kali ini, Data Scientist yang akan lebih dibahas secara mendalam, dimulai dari definisi, skill dasar, tanggung jawab atau tugas, dan kursus Data Scientist. Yuk, simak bersama!

  1. Definisi Data Scientist

Rekam digital yang digunakan perusahaan berbentuk data, oleh karena itu secara kasar, definisi Data Scientist adalah orang yang berada dibalik kendali teknologi pengolahan data tersebut. Secara lengkapnya, Data Scientist merupakan orang yang bertugas menganalisis berbagai macam data dalam jumlah besar yang dimiliki perusahaan.

Data-data tersebut dikumpulkan dari berbagai sumber, oleh karena itu dibutuhkan kemampuan untuk menganalisis data dan memastikan sumber, serta membuat visualisasi data dari hasil analisis data tersebut. Karena Data Scientist sering digunakan dalam bidang bisnis, maka diperlukan keterampilan dalam mencari informasi untuk pengembangan bisnis dengan metode statistik. 

Baca juga: Bingung Belajar Data Science Dimana? DQLab Jawabannya!

  1. Skill Dasar Data Scientist

Karena Data Scientist berkaitan erat dengan data, khususnya pengolahan data, maka diperlukan beberapa keahlian atau skill dasar yang dapat memadai dan membuat pekerjaan calon Data Scientist menjadi lebih efisien dan efektif. Berikut beberapa skill yang perlu diperhatikan.

  • Pemahaman akan software engineering dan bahasa pemrograman (Python, R, dan SQL).
  • Pemahaman akan ilmu statistik, kalkulus, dan aljabar.
  • Kemampuan untuk mengembangkan machine learning dengan penerapan artificial intelligence.
  • Memiliki dasar visualisasi dan pemetaan data.
  • Berkemampuan untuk berkomunikasi dengan baik.
  • Memiliki intuisi yang tajam untuk memecahkan berbagai masalah dengan tanggung jawab.
  1. Tanggung Jawab Data Scientist

Tanggung jawab atau tugas seorang Data Scientist akan lebih mengarah ke hal-hal berbau teknis dibandingkan profesi data lainnya, seperti Data Analyst. Data Scientist diperlukan perusahaan untuk melaksanakan beberapa riset. Untuk pengetahuan akan tanggung jawab Data Scientist, mari kita ketahui bersama.

  • Menggelar riset, penelitian, perancangan, dan menganalisis berbagai sumber data untuk pengembangan produk, jasa atau layanan perusahaan.
  • Dapat memberikan saran atau solusi dari hasil temuan yang telah diuji.
  • Bekerja sama dan berkolaborasi dengan tim lain untuk kebutuhan terkait data.
  • Dapat menyajikan data secara jelas dan rinci kepada pemangku kepentingan untuk membuat proses bisnis lebih terstruktur. 

Baca juga: Belajar Data Science Gratis di DQLab UMN

  1. Kursus Data Scientist

Belajar ilmu mengenai Data Scientist dapat kalian lakukan dengan berbagai medium atau sarana. Apabila kalian ingin belajar secara otodidak, kalian bisa menggunakan aplikasi seperti Youtube atau website-website yang memberikan pembahasan mengenai materi seputar Data Scientist.

Namun dibandingkan dengan belajar secara otodidak, akan lebih menguntungkan bagi kalian untuk belajar dengan kursus yang khusus mengajari tentang data, seperti DQLab. DQLab dapat memberikan kalian kursus data secara online yang dapat kalian hadiri sesuai dengan kegiatan kalian sehari-hari. Tentunya dengan kursus, pembelajaran kalian mengenai hal seputar Data Scientist dapat dilakukan secara tuntas.

  1. Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab

Banyak sekali keuntungan yang bisa kalian dapatkan dengan mengikuti kursus data seperti DQLab, selain pembelajaran yang tuntas dan sertifikat, kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan tambahan dari pengajar kalian yang merupakan praktisi data berpengalaman.

Cara untuk mendaftarkan diri kalian sangat mudah, kalian bisa langsung sign up di DQLab.id, kemudian kalian bisa langsung belajar dengan mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’. Ayo, belajar bersama DQLab.id dan jadilah ahli data yang kalian impikan! (red)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.