Anggota Dewan Kota Tangerang bakal Terima Pakaian Baru, Rp 675 Juta Dikucurkan

oleh -

Palapanews.com Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang akan punya pakaian baru. Hal ini terlihat dari Situs LPSE Kota Tangerang bahwa pakaian DPRD Kota Tangerang dianggarkan sebesar Rp 675 juta.

Menurut keterangan dari Sekretaris DPRD Kota Tangerang, Agus Sugiono bahwa pakaian tersebut diperuntukkan bagi 50 anggota anggota dewan. Dan, masing-masing anggota dewan mendapatkan 4 jenis pakaian baru yakni Pakaian Sipil Lengkap (PSL), Pakaian Sipil Resmi (PSR), Pakaian Sipil Harian (PSH) masing-masing satu setel. Kemudian Pakaian Dinas Harian (PDH) dua setel.

“Untuk 50 anggota dewan itu mendapatkan 4 jenis pakaian, 5 setel per orang. Jadi total 250 setel. PSL kan lengkap hingga jas, PSR itu yang ada peci-nya,” ujarnya, 4 Agustus 2021.

Dari 250 setel pakaian itu bila dijumlahkan, maka masing-masing pakaian dihargai Rp 2,7 juta. Namun demikian, Agus tak mengetahui persis nominal per pakaian. Pasalnya, itu yang menilai pemenang lelang.

“Ini kan lelang, lelangnya gimana kan saya gak tau. Harga penawaran segitu di LPSE,” jelasnya.

Diketahui tender di LPSE Kota Tangerang yang dimulai pada 7 Juni 2021 ini sudah selesai. Pemenang tender sudah diketahui dan pembuatan pakaian tengah berproses.

“Kan proses dulu setelah dapat pemenang. Administrasi, penyelesaian, kontrak dan lain-lain,” katanya.

Untuk spesifikasi Pakaian yang dibuat menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangerang ini, Agus juga belum tahu persis. Sebab, pakaian ini masih dalam proses.

“Saya belum tahu karena ada standarnya (spesifikasi) SSH (Standart Satuan Harga) dari Walikota,” kata Agus.

Agus menjelaskan, pengadaan pakaian DPRD dianggarkan setiap tahun. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD. “Ini dasarnya,” papar Agus.

Bila dibandingkan tahun lalu dengan sekarang, anggaran pengadaan pakaian DPRD Kota Tangerang bertambah menjadi dua kali lipat. Diketahui, pengadaan bahan pakaian DPRD Kota Tangerang tahun 2020 sebesar Rp 312,5 juta. Namun begitu, Agus mengaku belum melihat perbandingannya.

“Itu saya belum lihat perbandingan dengan tahun lalu,” katanya.

Sementara itu, Pengamat Politik dan Pemerintahan, Hasanudin Bije mengatakan, pakaian tersebut sudah menjadi hak bagi setiap anggota dewan. Pakaian tersebut setiap tahun pasti selalu dianggarkan.

“Jadi ada hak dan kewajiban anggota DPRD jadi pakaian itu salah satunya hak dewan dan setiap tahun sama seperti ASN,” kata Bije.

Anggaran Rp 675 Juta untuk pengadaan pakaian tersebut kata Bije tidak ada salahnya. Tinggal yang akan menjadi sorotan adalah kualitas pakaian tersebut.

“Tinggal dilihat kualitasnya. Ya sulitnya mengkritisi hak-hak mereka. Tinggal barangkali kalo mau disorot ya harga dan kualitas. Tapi penanggarannya setiap tahun pasti masuk dianggaran itu ,” katanya.

Kata Bije meskipun di tengah Pandemi Covid-19 anggaran itu dikucurkan bukan berarti menghilangkan hak anggota dewan mendapatkan pakaian. “Ya karena hak ya masuk prioritas mereka, hak mendapatkan itu. Tapi itu memang tiap tahun,” pungkasnya. (ydh)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.