PPKM Level 4 Dilanjut, Pemkot Tangsel Kejar Herd Immunity

Palapanews.com- PPKM Level 4 kembali dilanjutkan. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan bahwa daerahnya sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 27 Tahun 2021, Tangsel merupakan salah satu daerah dengan level 4. Sehingga Tangsel menerapkan PPKM Level 4 yang akan berlangsung hingga 9 Agustus mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Tangsel Benyamin Davnie, dalam keterangan pers yang diterima, Selasa (3/8).

Bang Ben -sapaan Benyamin Davnie- menjelaskan bahwa dengan Surat Intsruksi tesebut pihaknya akan terus melanjutkan penerapan PPKM level 4. Sebagaimana sebelumnya diberlakukan. Sehingga saat ini pihaknya menerbitkan Surat Edaran Nomor 443/2686/Huk sebagai ketentuan bahwa PPKM Level 4 dilanjutkan hingga 9 Agustus mendatang.

“Untuk ketentuannya masih sama. ketentuan yang sebelumnya diberlakukan, mengenai aktivitas pemenuhan kebutuhan sehari-hari bisa dilakukan oleh masyarakat dengan waktu yang sudah ditentukan,” kata Benyamin.

Dia membahkan ketentuan level empat sendiri diukur dari positif rate-nya masih di atas lima persen sehingga pemerintah harus berupaya menekan angka positif rate ini agar bisa berada di bawah angka lima persen. Sementara ketersediaan ranjang pasien isolasi saat ini sudah menurun signifikan. Di mana, sebelumnya ranjang pasien terisi hingga 98 persen, hari ini menurun hingga 60 persen.

“Tapi angka itu akan terus kita tekan, agar lebih ideal. Paling tidak 50 persen, agar masyarakat tidak kesulitan mencari tempat isolasi terutama jika pasien mengalami gejala berat,” Bang Ben menambahkan.

Saat ini pemerintah terus berupaya agar level PPKM di Kota Tangsel bisa turun. Dan akan ada kelonggaran yang diberlakukan. Sehingga kegiatan baik perekonomian, sosial dan lainnya bisa kembali secara perlahan.

Selain itu, saat ini pemerintah juga tengah berupaya agar Kota Tangsel bisa mencapai herd immunity yang ideal. Di mana saat ini proses vaksinasi dilakukan di beberapa titik dengan berbagai macam kalangan penerima vaksin.

Sebelumnya vaksinasi dilakukan kepada orang tua dengan usia di atas 50 tahun serta siswa sebagai syarat pembelajaran tatap muka. Pun dengan masyarakat yang memiliki pekerjaan di bidang pelayanan. Dengan begitu target herd immunity bisa dicapai secepatnya. (red)

Komentar Anda

comments