Takut Air, Usia 12 Tahun Rio Pecahkan Rekor Nasional Gaya Bebas 50 M

oleh -

Palapanews.com – Tuhan memberikan anugerah kadang di luar ekspektasi, seperti Rio, yang dianugerahi bakat luar biasa hingga menjadi atlet Renang berprestasi. Rio mampu memecahkan Rekor Nasional di usia 12 tahun.

Padahal Rio kecil adalah bocah yang takut dengan air, apalagi harus berenang. Namun, seiring waktu berkat dorongan dari orang tuanya, pemilik nama panjang Ridho Athallah Zufar Shembudi ini, tumbuh menjadi perenang dengan segudang prestasi juara.

Masuk usia 10 tahun tepatnya saat sekolah kelas 4 SD, Rio mulai diajak untuk belajar berenang, di bawah asuhan pelatih yang pertama mengenalkannya yakni Puji Raharjo, yang juga owner Citius Akuatik Club. Saat ini, Rio terus berlatih di club renang terbesar di Indonesia yakni Millenium Aquatic Jakarta.

Luar biasa! Di usia yang masih sangat belia, 12 tahun, perenang muda yang mengidolakan atlet renang Albert Sutanto dan Felix Sutanto ini mampu memecahkan Rekor Nasional untuk Gaya Bebas 50 M. Dan saat ini, Rio yang juga salah satu atlet cabang olaraga Renang Kota Tangerang Selatan ini, di kelompok umurnya untuk Gaya Bebas 50 M masuk dalam urutan 1 nasional.

“Menurut pak pelatih Rio talent, karena di keluarga kami tidak ada yang jadi  atlit. Sekarang Rio latihan seminggu 5 sampe 6 kali mulai jam 04.45 sampe 07.00 di GBK (Gelora Bung Karno). Padet banget mas, setelah itu daring sampai jam 15.00,” ungkap Rio yang merupakan anak tunggal di keluarganya.

Baca juga : Arinda, Peringkat 3 Nasional Ini Idolakan Atlet Panahan Korea

Di masa Pandemi Covid-19, Rio pun masih tetap harus mengikuti latihan rutin di kolam renang, tentunya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19. Sempat di awal terjadinya Pandemi Covid-19 dia pun harus off latihan selama tiga bulan.

“Baru mulai lagi di pertengahan Juni. Di GBK protokol kesehatannya ketat banget, setiap lintasan hanya boleh untuk 2 orang,” cerita Rio, yang sebelum menjadi perenang sangat suka olahraga Sepak Bola, namun setelah kejadian Rio jatuh saat beramin bola orang tuanya mengarahkan dia ke olahraga renang, akhirnya suka dan beralih ke olahraga Renang. (bd)

BIODATA

Nama : Ridho Athallah Zufar Shembudi

TTgl Lahir : Tangerang, 8 Januari 2005

Sekolah : Kelas X IPA 5 SMAN 2 Tangsel

Hobi : Renang & Sinematograpi

Cita-cita :  Jadi Orang Berguna

Ayah : Prorika Shembudi

Ibu : Martini Prorika S

 

 

Komentar Anda

comments