Hari Jadi Ketiga, IKEI Makin Eksis Tingkatkan Kualifikasi Anggota

oleh -
Ketua Umum IKEI Agus Salim (paling kanan) dan dewan pembida serta pengurus BPD. foto : bd

Palapanews.com – Ikatan Engineers Indonesia (IKEI) kian eksis di usiannya yang ketiga. IKEI sebagai wadah para engineer terus meningkatkan kualifikasi anggotanya. Kini, IKEI pun sudah berdiri di 17 provinsi di seluruh Indonesia.

Di Hotel Golden Tulip Essential Tangerang, Sabtu 28 Nopember 2020 IKEI menggelar Gathering Nasional IKEI 2020 sekaligus merayakan Anniversarry IKEI ke-3. Acara ini juga diramaikan dengan kegiatan Exhibition menampilkan stand produk dari beberapa perusahaan serta seminar.

“Tiga tahun ini, kita udah mulai mengaktifkan untuk websitenya IKEI dan akan mengaktifkan medsos-medsosnya IKEI juga. Jadi ke depannya kita bener bener untuk mengikuti perkembangan teknologi, kita bekerja di situ, dikembangkan lagi teknologinya,” beber Ketua Umum IKEI Agus Salim di sela acara.

“Pada dasarnya bagaimana harusnya kita meningkatkan kemampuan engineer engineer. Jadi selain ajang silaturahmi, ini kita juga dihadiri oleh BPD BPD Jatim, Jogja, DKI, Banten, dari PHRI Kota Tangerang, Kota Tangsel, Ketua Harian PHRI Banten selaku Pembina IKEI,” tambah Agus.

Tidak main-main saat ini, anggota IKEI juga hampir mencapai 3000-an dari seluruh Indonesia, total sebanyak 17 provinsi. Pada kesempatan yang sama kata, Agus lagi, juga dilaksanakan pelantikan pergantian pengurus dari BPD Banten dan BPD DKI.

“Melantik pergantian pengurus dua provinsi. Dan kebetulan juga di sini kita mengangkat dewan pembinanya dari Banten Bu Angel (Hotel Golden Tulip Essential Tangerang) ini,” jelas Agus.

Agus menyebutkan sejumlah kegiatan yang digelar IKEI selama tiga tahun berjalan antaralain beberapa kegiatan sertifikasi kompetensi; operator genset, HVAC, AC, dan listrik.

Salah satu kegiatan Seminar di Gathering IKEI. foto : bd

“Kita membekali para engineer agar yang mempunyai kemampuan disertifikasi artinya kemampuan mereka itu diakui. Sertifikiasi akan dilakukan di seluruh Indonesia, yang sudah melaksanakan dari BPD Jatim, Jogja, kawasan Sumatera dan Banten juga,” beber Agus yang jumlahnya sudah mencapai 300-an.

Baca juga: Lagi, IKEI Education Center Gelar Sertifikasi Kompetensi HVAC

Ashok Kumar, Ketua Harian Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banten terus memberikan dukungan pada IKEI. Diakuinya IKEI ini, sebenarnya kepanjangan tangan dari PHRI juga. Dan kenapa kegiatan ini dilakukan, karena memang katanya, sekarang ini semua bisa dilakukan secara virtual, segala macam tapi kalau untuk engineering ini tidak bisa. “Perbaikan AC dan sebagainya itu tidak bisa dari jarak jauh. Begitu juga pariwisata,” ucapnya mencontohkan.

Angel Sugandhi yang juga General Manager Golden Tulip Essential Tangerang Hotel menyampaikan harapannya pada IKEI, ke depannya IKEI ini akan semakin terus, terus berkembang. “Dan semakin juga kita menjadi satu kesatuan, yang mana nanti kita dapat membantu semua bagian,” ucapnya singkat.

Sementara itu Jefry salah satu peserta gathering yang hadir dari luar daerah, yang juga Ketua IKEI BPD Jawa Timur mengaku IKEI BPD Jatim tetap menjalankan suatu edukasi. Kedepannya lebih menjurus ke pendidikan para CE (Chief Engineer) dan kepala teknik atau selevel itu.

“Supaya para kepala engineer ini, menguasai manajemen. Kadang kadang mereka itu menguasai lapangan, akan tetapi belum tentu di manajemen,” pungkas dia. (bd)

Komentar Anda

comments