Lagi, IKEI Education Center Gelar Sertifikasi Kompetensi HVAC

oleh -

Palapanews.com – Ikatan Engineer Indonesia (IKEI) Education Center kembali melaksanakan uji kompetensi. Kali ini, IKEI menggelar Sertifikasi Kompetensi HVAC dalam satu hari, Sabtu (19/10/2019).

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Ibis Gading Serpong dengan jumlah peserta mencapai 56 orang dari sejumlah hotel dan rumah sakit. Kegiatan sertifikasi ini bekerjasama dengan LSP Hospitality Engineering.

Tidak hanya dari Tangerang dan Jakarta beberapa peserta datang dari luar daerah yakni dari Lampung.

Menurut Ketua IKEI Agus Salim, uji kompetensi ini sudah yang kedua kali untuk bidang HVAC, jadi total peserta yang sudah mengikuti uji kompetensi HVAC ada 106 orang.

“Kegiatan Ini merupakan keinginan dari para anggota, juga sesuai dengan visi misi IKEI. HVAC ini adalah heating, ventilation dan air-conditioning, jadi HVAC ini sama dengan AC hanya saja HVAC tingkatannya lebih luas,” jelas Agus disela acara.

Tujuan kegiatan ini, lanjutnya, agar peserta mendapatkan sertifikasi profesi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sehingga punya keahlian HVAC memiliki sertifikat yang diakui negara. Sertifikasi ini juga merukan suatu keharusan bagi perusahan dimana karyawanya punya kompetensi.

Rudi Irawan salah seorang peserta mengaku baru kali ini mengikuti ujian kompetensi walaupun dari internal sendiri sudah beberapa kali mendapat pelatihan. Karyawan RSCM ini, serta dua temannya mengikuti uji kompetensi atas inisiatif sendiri.

Menurutnya Sertifikasi Kompetensi HVAC ini, sangat penting diikuti dan menguntungkan untuk personal bila akan masuk bekerja di tempat lain. “Ini seperti wadah kita yang selama ini kesulitan saya berpikir apa sertifikasi itu, IkEI memfasilitasi ternyata memang ada sertifikasi. Kita juga menjadi lebih legal dan professional,” Rudi tampak sumringah.

HVAC adalah singkatan dari Heating Ventilation dan Air-Conditioning, yang umumnya terkait dengan pemanasan dan pendinginan industri. HVAC adalah sistem atau mesin yang melakukan tiga fungsi utama dengan tiga saluran terpisah yaitu pemanasan, pendinginan dan ventilasi udara. HVAC umumnya digunakan dalam bangunan komersial atau industry. (bd)

 

 

Komentar Anda

comments