Suka Tantangan, Sabrina Pilih Jadi Atlet Panjat Tebing

oleh -
Sabrina Syarifah Calidris dengan kumpulan medali yang diraihnya. foto" alf
banner 300250

Palapanews.com – Sabrina nama kecilnya, memiliki postur tubuh kecil dan lincah. Saat menaiki dinding-dinding panjat tebing yang harus dia lewati tubuhnya terlihat ringan dan lentur. Itulah kelebihan yang dia miliki sehingga dia menjadi atlet panjat tebing.

Sabrina Syarifah Calidris nama lengkapnya, merupakan salah satu Atlet Panjat Tebing Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang tergabung di Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Tangsel dengan segudang prestasi. Sejak tahun 2012 Sabrina berhasil menjuarai berbagai kegiatan dengan meraih gelar juara lebih dari 40 kali.

Siswi SMK Letris 2, Tangsel, ini sudah menggeluti bidang olahraga Panjat Tebing sejak usia 5 tahun dan mulai aktif dan fokus setelah duduk di bangku kelas 1 sekolah dasar serta mengikut perlombaan panjat tebing.

“Dulu awal suka panjat tebing dikenalkan oleh Ayah karena memang Ayah suka kegiatan ini. Awalnya juga hanya manjat biasa dengan menggunakan boulder saja, dulu itu mulai waktu umur 5 tahun dan sekarang sudah 15 tahun,” ungkap Sabrina.

Diakui Sabrina, saat ditemui di lokasi latihan, ia sangat suka berkecimpung di dunia Panjat Tebing lantaran olahraga ekstrim ini banyak tantangan.

“Asiknya panjat tebing itu karena menantang dan saya orang yang suka tantangan. Selain itu memang suka olahraga juga, jadi di panjat tebing ini lengkap ada olahraga dan tantangannya juga,” tambah Sabrina.

Baca juga: ACE Aeon BSD Sediakan Aneka Kebutuhan Antisipasi Covid-19

Sabrina yang saat ini fokus untuk menpersiapkan Kerjurprov dan Porprov rutin latihan selama 3 kali seminggu. Di luar jadwal latihan ia juga terus mengasah fisik sendiri.

Kata Sabrina bahwa dalam panjat tebing fisik, speed, dan kaki menjadi kekuatan utama. Kaki menjadi utama karena setiap gerakan menggunakan ayunan langkah khaki. “Kekuatan banyak di kaki dan di tangan hanya beberapa persen saja. Dorongan dan ayunan kaki dibutuhkan saat panjat tebing,” paparnya.

Bagi Sabrina ia juga tak kesulitan membagi waktu untuk belajar dan menggeluti hobi panjat tebing ini. Ia pun bercita-cita untuk menjadi atlet Panjat Tebing dunia.

“Harus pintar-pintar membagi waktu antara belajar dan latihan dan cita-citanya ingin jadi atlet panjat tebing dunia,” pungkasnya. (bd)

Komentar Anda

comments