Festival Pendidikan Sinar Mas Land Digelar secara Daring, Begini Pesannya

oleh -
Festival Pendidikan Sinar Mas Land. Foto: Ist

Palapanews.com- Festival Pendidikan Sinar Mas Land ke-6 yang berlangsung sejak 20 Mei 2020, kini mencapai puncak acara pada Kamis (30/7/2020) lalu. Bertema Semangat, Indonesia Merdeka Belajar, festival dilakukan secara daring sebagai adaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar dan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengapresiasi festival tersebut. Dengan harapan bermanfaat bagi dunia pendidikan dan berharap dapat diselenggarakan kembali di tahun-tahun berikutnya.

“Mudah-mudahan festival pendidikan tahun ini menambah semangat bagi anak-anak kita dalam meningkatkan keilmuan dan pengetahuan,” ujar Airin.

Founder Gerakan Sekolah Menyenangkan, Muhammad Nur Rizal, mengatakan, rangkaian kegiatan dalam festival pendidikan seperti karya literasi dengan membuat esai populer, pembuatan vlog sebagai kegiatan berbasis teknologi informasi, desain pembelajaran STEAM, serta seminar dan workshop Blended Learning bagi seluruh pemangku kepentingan di ranah pendidikan.

“Blendid learning yang menggabungkan pembelajaran jarak jauh dengan tatap muka diharapkan dapat menjadi alternatif penerapan model pendidikan saat adaptasi kebiasaan baru (new normal),” ungkapnya.

Melalui festival pendidikan tahun ini, Sinar Mas Land ingin mengajak para pendidik untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam membuat model pembelajaran yang tepat. Bagi para siswa, kegiatan itu diharapkan dapat mempersiapkan mereka memasuki tahun ajaran baru dengan memantik semangat untuk terus giat belajar dalam suasana dan model pembelajaran yang menyenangkan.

Saat ini GSM sedang mengembangkan model tersebut di sekolah-sekolah yang bergabung di dalamnya. Sinar Mas Land memfasilitasi seminar dan pelatihan bagi para guru penggerak, terutama di Tangerang Raya, dalam penyusunan silabus dengan bentuk skenario. Webinar dan workshop mengenai blended learning pun telah beberapa kali diselenggarakan dengan pemateri dari dirinya.

Sementara Deputy Group CEO Sinar Mas Land, Monik William, menyatakan penyelenggaraan festival pendidikan di masa pandemi yang berdampak cukup signifikan pada dunia usaha itu menunjukkan bahwa pihaknya melalui PT Bumi Serpong Damai (BSD) Tbk tetap konsisten dalam komitmennya mendukung keberlangsungan pendidikan.

“Segala upaya yang kami lakukan ini, tidak lain dan tidak bukan sebagai bentuk dukungan perusahaan kepada dunia pendidikan Indonesia, terutama terhadap terciptanya kehidupan masyarakat yang cerdas, berbudaya, dan beradab. Di sinilah, Sinar Mas Land mengambil peran aktif untuk menjadi pendorong transformasi masyarakat menuju peradaban modern yang canggih, unggul, dan madani,” pungkas Monik. (nad)

Komentar Anda

comments