PSBB Longgar, Stok Darah di Tangsel Kembali Normal

oleh -
Stok darah di UDD Tangsel kembali normal. Foto: Nad

Palapanews.com- Ketersediaan kantong darah di Unit Donor Darah (UDD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali normal pada Juni ini. Ini seiring pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang meningkatkan jumlah pendonor.

Kepala UDD Kota Tangsel, Suhara Manullang mengatakan stok darah sempat kurang pada masa awal pandemi Covid-19. Pasalnya, kegiatan donor darah juga berkurang.

“Pertumbuhan pendonor darah kembali terjadi pada bulan Juni 2020. Karena, adanya pemahaman bagi pendonor dan adanya kelonggaran PSBB. Jadi mulai ada perbaikan jumlah pendonor dan stok darah,” jelas Suhara di Kantor PMI Tangsel, Rawa Buntu, Serpong, Tangsel, Selasa (7/7/2020).

Untuk mengantisipasi penurunan kembali ketersediaan darah, UDD PMI Tangsel dengan menggandeng beberapa komunitas dan instansi baik dari Polri maupun TNI.

“Jadi kan kami sudah punya jadwal yang rutin beberapa komunitas atau pendonor aktif yang datang ke PMI. Sementara untuk beberapa komunitas, TNI dan Polri serta beberapa organisasi masyarakat yang rutin, gereja, masjid, itu pun tetap mengadakan donor darah,” terangnya.

Bahkan, Suhara kembali menegaskan jika donor darah tidak dapat menularkan Covid-19 sebagaimana yang ditakuti sejumlah masyarakat. Karena, petugas UDD PMI Tangsel juga dibekali protap kesehatan Covid-19.

“Jadi saya sampaikan, masyarakat tak perlu takut mendonorkan darahnya. Seperti kita ketahui bahwa mendonorkan darah juga untuk kesehatan yang bersangkutan. Yang pasti ada pemeriksaan awal dari petugas PMI, jadi jangan kahwatir dari segi kesehatan dan Covid-19 ini tidak ditularkan dari darah,” tutup Suhara.

Diketahui pada April total ada 1.479 darah dengan rincian darah yang didapat dari mobil unit sebanyak 784 dan donor di tempat sebanyak 695. Sedangkan darah yang dikeluarkan atau digunakan sebanyak 1.281 darah.

Kemudian pada Mei, ada 1.136 darah dengan rincian 512 dari mobil unit dan donor di tempat ada 624 darah. Serta total pengeluaran darah sebanyak 1.520.

Diketahui pada bulan Juni, total stok darah yang didapat dari mobil unit sebanyak 761 dan donor di tempat sebanyak 956 darah dengan total 1.717 darah. (nad)

Komentar Anda

comments