Jelang Idul Adha, Pemkot Tangsel Gandeng 54 Dokter Hewan

oleh -
Ilustrasi. Foto: Dok

Palapanews.com- Jelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, sedikitnya 54 dokter hewan dikerahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) untuk memantau kondisi kesehatan hewan ternak kurban yang ada di lapak-lapak pedagang.

“Ya ada 54 dokter hewan yang diperbantukan,” ujar Kepala Seksi Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangsel, Sandra Larasari saat dikonfirmasi Selasa (7/7/2020).

Dirinya juga menjelaskan, bahwa ada ketentuan yang mengatur tata cara jual beli hewan ternak kurban. Yaitu, jaga jarak fisik antara pekerja minimal satu meter saat aktivitas dan penerapan alat pelindung diri.

“Ada juga pemeriksaan kesehatan awal dari hewan kurban yang diperdagangkan. Penerapan kebersihan dan sanitasi (lapak pedagang) cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer,” jelasnya.

Sementara Kepala UPTD Pusat Kesehatan Hewan DKP3 Kota Tangsel, Pipit Surya Yuniar menambahkan bahwa hewan ternak kurban bukan penular Covid-19.

Ia memastikan tidak ada tes swab untuk setiap hewan kurban yang dijual di lapak-lapak pedagang. Namun kesehatan hewan yang dari luar wilayah, dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan ternak wilayah asal.

“Ada jenis penyakit yang mesti diwaspadai dan biasa menjangkit hewan ternak kurban adalah anthrax. Maka itu perlu kita cek surat keterangan kesehatan hewan dan pemeriksaan on the spot secara bertahap,” tambahnya. (nad)

Komentar Anda

comments