Sembuh, 11 PDP dan 2 ODP Diharapkan Jadi Duta Lawan Covid-19

oleh -
Walikota Airin saat melepas Pasien di Rumah Lawan Covid-19, Minggu (31/5/2020) sore. Foto: Dok Humas

Palapanews.com- Sebanyak 13 pasien yang sempat menghuni Rumah Lawan Covid-19 (RLC) di Jalan Widya Kencana, Ciater, Serpong, Tangsel, Minggu (31/5/2020) sore akhirnya dipulangkan. Bahkan, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany secara langsung turut melepasnya.

Pasien-pasien tersebut masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) diantaranya 11 PDP dan 2 ODP.

“Kita harapkan mereka jadi duta Covid-19 menyampaikan kepada masyarakat, mengedukasi kepada masyarakat untuk melakukan disiplinkan diri sendiri terhadap protokol Covid-19. Kemudian bagaimana dalam tubuh kita ada kewajiban untuk jaga kesehatan, kedua di dalam diri kita harus jaga kesehatan orang lain,” ujar Airin di Rumah Lawan Covid-19, Minggu (31/5/2020).

Dengan menjadi duta Covid-19, lanjutnya, Tangsel yang lebih cenderung ke pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) bisa ditanggulangi dengan cepat.

“Karena kami melihat dari rapat evaluasi, bahwa orang yang di Tangsel cenderung OTG-nya usia 35 sampe 50 tahun. Ini yang kita khawatirkan. Karena mereka sehat, jalan kemana-mana ketemu orang di atas 50 tahun atau orang yang punya penyakit bawaan ini justru menjadikan penyakit Covid ini berbahaya,” tuturnya.

Airin juga menjelaskan, mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dan menjaga kesehatannya akan sangat membantu orang lain agar terhindar dari Covid-19.

“Kalau OTG sehat kan sebetulnya engga masalah, enggak apa-apa buat diri dia. Tapi di satu sisi apabila dia ketemu dengan orang yang punya penyakit bawaan, itu yang kita khawatirkan,” jelas Airin.

Bahkan, Airin sempat berbincang dengan salah satu pasien ODP yang masih berumur 6 tahun. Dan, mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19.

“Ade jagain mama yah. Inget sampai rumah harus cuci tangan, terus kalau batuk ditutup dan jangan lupa pakai masker ya. Jagain mama ya de,” kata Airin ke anak yang ayahnya sedang menjalani perawatan di RSUD Banten.

Diketahui, pasien yang sudah sembuh dan keluar dari Rumah Lawan Covid19 berjumlah 42 orang dari total 80 orang. Sedangkan masih ada 38 orang yang berada dalam perawatan. Diantaranya 21 PDP berjenis kelamin laki-laki dan 17 PDP berjenis kelamin perempuan dan 0 pasien ODP. (nad)

Komentar Anda

comments