102.727 Warga di Kabupaten Tangerang Terima Bantuan dari Kemensos

oleh -

Palapanews.com- Menteri Sosial, Juliari P. Batubara menyerahkan secara simbolis bantuan sosial (Bansos) tunai senilai Rp600 ribu kepada 102.727 keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak virus corona (covid-19) di Kabupaten Tangerang.

Bansos Tunai ini diberikan untuk membantu keluarga yang belum pernah mendapatkan program Bansos dari Kementerian Sosial (Kemensos).

“Disalurkan via PT Pos terutama untuk penerima manfaat yang tidak punya rekening bank negara. Tapi ini hanya simbolis, selebihnya akan diberikan langsung dari rumah ke rumah biar tertib karena sekarang lagi sosial distancing,” ujarnya saat menyerahkan bantuan sosial di Kantor Pos Curug, Kabupaten Tangerang, Sabtu, 25 April 2020.

Juliari menuturkan, pemberian bansos tunai itu tidak semua warga Jabodetabek mendapatkannya. Hanya, lanjutnya yang tidak mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah daerah yang berhak menerima.

“Jadi enggak mungkin semua warga dapat. Kita cek dengan data terpadu kita biar nggak dobel. Kalau dapat PKH (Program Keluarga Harapan) kita hilangin, dan yang dapat kartu sembako kita hilangin juga. Kalau merata semua dapat, ya enggak, itu ditekankan juga,” katanya.

Juliari menuturkan, bansos tunai tersebut akan disalurkan kepada 9 juta KPM dengan nilai bantuan sebesar Rp600 ribu per KPM di tiap bulannya. Bansos tunai itu diberikan selama tiga bulan, dimulai dari April hingga Juni 2020.

“Bansos tunai ini dilaksanakan diseluruh Indonesia kecuali Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Bekasi. Pengecualian dilakukan karena pada beberapa lokasi tersebut sudah diberikan bansos sembako oleh Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial,” jelasnya.

Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, Juliari menambahkan, penyaluran bansos tunai ini diharapkan berjalan dengan baik, dan memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan KPM di saat pandemi covid-19.

Provinsi Banten jumlah penerima bansos tunai sejumlah 343.269 KPM, tersebar di enam Kabupaten/Kota. Kabupaten Tangerang sendiri penerima bansos dengan jumlah 102.727 KPM.(rik)

Komentar Anda

comments