20 Lokasi di Benda Baru Tangsel Disemprot Disinfektan Produksi Sendiri

oleh -
Warga melakukan penyemprotan disinfektan di Benda Baru. Foto: Nad

Palapanews.com- Guna mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19, sbanyak 20 lokasi di wilayah Benda Baru, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel) mulai disemprot cairan disinfektan.

Penyemprotan ini dilakukan oleh personil gabungan dari TNI, Polri, Karang Taruna, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB), dan Yayasan Masjid Alkautsar.

Kegiatan ini dilakukan di bawah keterbatasan alat dan bahan yang digunakan. Mengingat, cairan disinfektan sangat sulit didapatkan di pasaran. Sehingga mereka pun berinisiatif memroduksi sendiri cairan disinfektan yang dituangkan ke dalam mesin penyemprot manual.

“Ini kita lakukan sebagai upaya penyelamatan warga kami, masyarakat Benda Baru. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan bisa memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di wilayah ini,” kata Lurah Benda Baru, Saidun usai apel bersama, Minggu (29/3/2020).

Penyemprotan ini dilakukan dengan beberapa unit mobil yang sudah dimodifikasi, lengkap membawa alat penyemprot disinfektan. Untuk hari ini, targetnya adalah seluruh area pemukiman yang tersebar di 20 RW Kelurahan Benda Baru.

“Jumlah alat yang kita pakai ada tiga, yang bekerjasama dengan yayasan masjid Al Kautsar, dari karang taruna juga menciptakan alat secara manual, sama-sama bisa kita lihat,” imbuhnya.

Dijelaskan Saidun, ke depan upaya penyemprotan akan dilakukan rutin minimal sebanyak 2 kali dalam satu pekan. Meskipun sebelumnya, upaya penyemprotan sudah dilakukan namun tidak terstruktur dan terkoordinasi.

“Beberapa hari yang lalu memang sudah kita laksanakan, namun tidak tersusun dengan rapih karena tidak semua RW dilakukan penyemprotan. Hari ini dilakukan di 20 RW, beberapa RW sisanya sudah melakukan secara mandiri karena masuk ke dalam perumahan Vila Dago,” tandasnya. (nad)

Komentar Anda

comments