Kritisi 100 Hari Kinerja Sekda, Ratusan Pegawai Dimutasi

oleh -

Palapanews.com- Pengamat Politik dan Pemerintahan Indonesia, Hasanudin BJ mengkritisi 100 hari kerja dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman.

Menurut Hasanudin BJ, menjelang 100 hari kinerja dari Sekda Kota Tangerang yang dilantik oleh Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah pada 6 Januari 2020 lalu, sudah banyak ratusan pegawai di lingkup Pemerintah Kota Tangerang dimutasi.

“Jika dihitung, kinerja dari Sekda Kota Tangerang baru 60 hari, tapi mutasi sudah sering dilakukan,” kata Hasanudin BJ.

Pria yang akrab disapa BJ ini pun mempertanyakan, sudah benerkah proses mutasi yang di lakukan oleh pejabat yang berwenang terhadap para pegawai yang sesungguhnya, bahwa para pegawai mempunyai hak yang sama terkecuali mereka tidak royal terhadap pimpinannya.

“Selain royal terhadap pimpinan, prestasi kerja harus menjadi pertimbangan Badan Pertimbangan dan Kepangkatan (Baperjakat) untuk mengangkat karir para pegawai, dan juga untuk penyegaran kinerja di lingkungan PNS Kota Tangerang,” ujar BJ seraya menambahkan, melihat dari beberapa kali mutasi banyak kejanggalan yang mungkin perlu di evaluasi kembali oleh walikota.

Dengan adanya kejanggalan seperti ini, tentu saja ini akan menimbulkan kecemburuan, kecurigaan bahkan ketidaknyamanan bagi pegawai lain di lingkungan Pemkot Tangerang, hal ini terjadi karena tiga lembaga pembantu walikota tidak berfungsi sebagai mestinya yakni Inspektorat, Badan Kepegawaian dan Sekda.

“Seharusnya ketiga lembaga itu harus memberikan pertimbangan yang matang kepada walikota, agar dalam mengangkat dan menentukan karir para pegawai tidak menjadi polemik di kemudian hari,” jelasnya.

Sebelumnya, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah melantik Herman Suwarman sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang saat Apel pagi di lingkup Pemerintahan Kota Tangerang, Senin, 6 Januari 2020.

Walikota Tangerang mengatakan, dengan diangkatnya Herman Suwarman diharapkan mampu meningkatkan kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN), sehingga mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Harus kerja keras dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan ASN harus mampu bekerja cepat, efektif dan efisien,” kata Walikota Tangerang.

Walikota menambahkan, dengan dilantiknya para ASN diharapkan mampu berkontribusi terbaik bagi Kota Tangerang, serta mampu menciptakan inovasi-inovasi demi pembangunan di Kota Tangerang.(ydh)

Komentar Anda

comments