Produksi Sendiri, LIPI Bakal Bagikan 300 Liter Hand Sanitizer

oleh -
Proses produksi hand sanitizer. Foto: Nad

Palapanews.com- World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan salah satu cara pencegahan penyebaran virus corona, yakni mencuci tangan dengan sabun dan penggunaan cairan pembersih tangan antiseptik (hand sanitizer).

Selain melonjaknya kenaikan harga masker, masyarakat pun berbondong-bondong membeli hand sanitizer. Sehingga, dalam beberapa waktu terakhir hand sanitizer menjadi barang langka dan harganya melonjak tajam di pasaran.

Guna menanggulangi kekhawatiran dan kelangkaan hand sanitizer di masyarakat, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memproduksi hand sanitizer di lingkungan LIPI. Produksi hand sanitizer dilakukan selama satu pekan di Pusat Penelitian Kimia, Tangerang Selatan sejak Senin (9/3/2020).

“Kami rencananya akan memproduksi 300 liter hand sanitizer untuk penggunaan hand sanitizer di lingkungan LIPI. Selain itu juga akan dibagikan ke sekolah-sekolah di sekitar kawasan Puspiptek sebagai bentuk kegiatan sosial,” beber Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono, Rabu (14/3/2020).

Menurutnya, ketika produk hand sanitizer menjadi semakin langka, masyarakat pun bisa membuatnya sendiri karena bahan-bahannya tersedia di toko-toko kimia, jadi masyarakat tidak perlu panik dan khawatir.

“Kami akan bagikan langkah-langkah pembuatan hand sanitizer agar bisa dipraktikkan di rumah. Tentunya dengan syarat tetap dalam pengawasan orang dewasa dan dijauhkan dari jangkaukan anak-anak,” imbuhnya. (nad)

Komentar Anda

comments