Wabah Virus Corona, JMSI Banten Ajak Media Siber Beri Informasi Faktual

oleh -
Plt Ketua JMSI Banten Dede Zaki Mubarok. Foto: Ist

Palapanews.com- Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Banten mengajak media siber (online) untuk memberikan informasi faktual terkait wabah virus corona. Terlebih, masyarakat mulai panik seiring dua warga Depok, Jawa Barat dinyatakan positif virus corona.

Plt Ketua JMSI Banten, Dede Zaki Mubarok mengatakan media siber di Provinsi Banten harus ikut aktif membantu pemerintah daerah dan masyarakat yang membutuhkan informasi terkait wabah virus corona. Informasi yang diberikan, kata Zaki, harus faktual dan bisa dipertanggungjawabkan.

“Gerak cepat pemerintah mengumumkan kasus virus Corona pertama di Indonesia kami sangat mengapresasi. Ini alarm yang sangat serius, yang harus kita hadapi bersama,” katanya, Selasa (3/3/2020).

Informasi yang berkembang, kata Zaki, khususnya melalui jejaring media sosial yang diproduksi masyarakat dan pengelola ruang redaksi media siber diharapkan berperan sebagai penjernih informasi sehingga publik terjauhkan dari kabar bohong atau hoax.

Menurutnya, kepanikan masyarakat sering kali dipicu informasi yang tidak jelas dan tidak benar dan sering kali membuat situasi semakin buruk. Ruang redaksi media siber harus bekerja ekstra sungguh-sungguh dalam menjalankan kewajiban jurnalistik.

“Tinggalkan sensasionalisme. Tidak ada tempat pada upaya membesar-besarkan masalah hanya untuk click bait,” katanya.

“Masyarakat dan kita semua memiliki hak untuk mendapatkan berita yang benar dan apa adanya tanpa bumbu sensasi,” sambung Zaki.

JMSI sendiri bersedia menjadi partner untuk mendistribusikan informasi yang dibutuhkan masyarakat dalam menghadapi penyebaran virus Corona ini.

Sebelumnya, melalui video di medsos, Gubernur Banten Wahidin Halim mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik dengan ditemukannya suspect virus corona yang terjadi di Depok. Sehingga, banyak warga membeli sembako dengan berlebihan. WH memastikan stok pangan di Banten dalam kategori aman dan rumah sakit di Banten sudah siap siaga.

Diketahui, JMSI merupakan organisasi perusahaam media siber yang dideklarasikan di sela perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada tanggal 8 Februari 2020.

Saat ini JMS telah memiliki 300 anggota yang tersebar di 24 provinsi, salah satunya di Provinsi Banten. (red)

Komentar Anda

comments