Airin Bahas Paparan Radioaktif di Tangsel Bareng Menristek

oleh -
Walikota Tangsel memberikan keterangan tentang temuan zat radioaktif di Batan Indah. Foto: Nad

Palapanews.com- Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany untuk pertama kalinya meninjau lokasi temuan zat radioaktif jenis Cesium 137 di Perumahan Batan Indah, Kademangan, Setu, Tangsel, Selasa (18/2/2020).

Airin yang datang sekitar pukul 09.00 WIB, langsung menuju area aman untuk melihat secara langsung area yang terkontaminasi radioaktif.

Kepada awak media, orang nomor satu di Tangsel itu akan melakukan rapat bersama Menristek untuk mendengarkan analisa dari semua kalangan.

“Pada intinya hari ini kita akan rapat bersama Pak Menteri yang akan pimpin jam 11 siang. Dan beliau pasti akan dapat paparan dari semuanya,” ujar Airin dilokasi, Selasa (18/2/2020).

Meski begitu, Airin tetap terus berkoordinasi dengan seluruh pihak. Karena, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) telah menargetkan proses clean up selesai dalam waktu 20 hari.

“Tahapan ini dilakukan dalam rangka dekontaminasi. Harapan kita semunya sebelum 20 hari sudah selesai. Nanti langsung remediasi,” katanya.

Mengenai kabar jika sumber tersebut ada yang sengaja membuang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel mempercayakan sepenuhnya kepadan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dan Batan.

“Kita percayakan kepada Bapeten, kita percayakan kepada Batan, mereka mumpuni memiliki kemampuan. Dan tentunya telah disampaikan Bapeten dan Batan, pihaknya kooordinasi dengan Polres Tangsel untuk melakukan penyelidikan disamping dekontaminasi dan remediasi,” ungkap Airin.

“Kita tunggu saja pihak berwenang untuk menjelaskannya biar tidak simpang siur,” tutupnya. (nad)

Komentar Anda

comments