Targetkan Suket Nol di Pilkada Tangsel, Disdukcapil Cetak 4.300 KTP-El Bulan Ini

oleh -
Ilustrasi. Foto: Net

Palapanews.com- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tangsel menarketkan pencetakan 4.300 KTP-El pada Januari 2020. Hal ini lantaran sebanyak 70 ribu masyarakat Tangsel belum memiliki KTP-El dan terpaksa Surat Keterangan (Suket).

Padahal menurut Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan, pada (23/9/2020) Pilkada Kota Tangsel akan berlangsung.

“Saat ini kami sudah memiliki blangko KTP-El sebanyak 15 ribu keping, 3 ribu blangko diberikan oleh Kemendagri saat akhir tahun 2019, kemudian 2 ribu blangko diberikan oleh Pemprov Banten untuk bantuan dokumen hang hilang saat bencana banjir pada awal Januari,” ungkapnya, Selasa (21/1/2020).

Sedangkan Kemendagri menambah 10 ribu beberapa waktu lalu, untuk pemenuhan kebutuha blangko warga Tangsel untuk persiapan Pilkada.

“Dari 15 ribu blangko itu, sekarang ini sudah ada 4.300 yang daftarnya online. Itu sudah masuk di sistem. Jadi, sampai tanggal 28 Januari nanti harus dan akan tercetak 4.300 KTP-El dan sisa blangko sekarang ini ada 10.700 keping, jauh dari jumlah pemohon KTP-El yang selama ini menggunakan suket,” bebernya.

Pihaknya akan terus membuka pencetakan KTP-El, namun ada batasannya. Dimana untuk pencetakan di batasi 500 kuota per hari.

“Masih kurang banyak, 55 ribu keping blangko. Tapi setiap Jumat kita mengusulkan 10 ribu keping blangko ke Kemendagri. Karena kita mau pilkada, maksimal awal september semua suket nol,” jelasnya.

Lanjutnya, jika blangko yang sudah tersedia lebih banyak maka kuota pencetakan per hari pun akan dinaikan. Tidak menutup kemungkinan, Disdukcapil juga akan memberikan layanan pendaftaran pencetakan KTP-El secara offline. (nad)

Komentar Anda

comments