Perbanyak Konsumsi Protein Bisa Cegah Stres

oleh -

Palapanews.com – Banyak mengkonsumsi protein ternyata bisa mencegah stres. Sebab, kandungan protein memiliki berpengaruh terhadap kondisi tubuh.

Hal tersebut disampaikan Wisnu Yulianto Nur Eko, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat di acara Campus Talk Universitas Mercu Buana (UMB) bertema “Makanan Sehat, Mood Jadi Sehat”. Kegiatan berlangsung di SMK Letris Indonesia 1, Jombang, Ciputat, Tangsel, Rabu (18/12/2019).

“Kalau tidak ingin stres, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein seperti telur, salmon, kacang kacangan,” katanya.

Menurut Wisnu, untuk menghadapi tantangan di tahun 2030 generasi muda harus menjadi generasi berkualitas. Tentunya dengan cara mengenali terlebih dahulu makanan yang akan dikonsumsi.

“Kita harus kenali lauk yang bisa dikonsumsi. Kemudian, kalau untuk menentukan makanan sehat ada persyaratan yaitu terhindar dari bakteri, untuk saat ini kita kesulitan memastikan produk makanan aman seperti apa,” paparnya.

“Lalu harus diperhatikan kalau makanan kemasan baca labelnya dan kalau makanan siap saji kita enggak tau sumbernya seperti apa. Makanya harus kenali dulu, harus selektif memilih makanan,” lanjut  Wisnu.

Yenny, Sekretaris Program Studi Psikologi Universitas Mercu Buana mengutarakan, untuk kalangan remaja menjaga mood dan memilih makanan yang sehat tentu akan sulit.

“Di remaja fase pertumbuhannya sangat cepat mulai dari fisik, emosi hanya dalam sepersekian detik. Saat terjadi stres, remaja cenderung mengkonsumsi makan berlebih,” katanya.

Pesan Yenny, untuk mencegah itu kalangan remaja atau kalangan usia lainnya harus bisa mengendalikannya sendiri agar mood tetap sehat.

“Kita punya mood punya emosi normal, tapi gimana caranya kita mengendalikannya sehingga mood tetap terjaga,” tegasnya. (rls/bd)

Komentar Anda

comments