Ratusan Pelajar SMA Nobar Film Animasi Anak Bangsa di XXI The Breeze BSD

oleh -
Suasana nobar Battle of Surabaya, di XXI The Breeze BSD City. Foto: Ist

Palapanews.com- Ratusan pelajar SMA IPEKA Plus BSD, SMA Cikal Harapan dan SMA Negeri 12 Tangerang Selatan, dengannya antusias nonton bareng (nobar) film animasi karya anak bangsa berjudul Battle of Surabaya, di XXI The Breeze BSD City, Sabtu (23/11/2019).

Kegiatan nobar ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November, serta membangkitkan kembali semangat anak-anak muda sebagai generasi penerus untuk berjuang membela negaranya serta memperkenalkan industri animasi di Indonesia yang semakin maju.

Film animasi karya Sutradara Aryanto Yuniawan ini merupakan berkolaborasi Sinar Mas Land dengan MSV Studio, mengisahkan sejarah perjuangan pahlawan Indonesia dalam melawan penjajah demi kemerdekaan Indonesia.

Sutradara Battle of Surabaya, Aryanto Yuniawan mengatakan, karakter yang ada dalam film ini diantaranya Musa, Yumna, Danu sebagai karakter fiksi untuk memperkuat dramatisasi.

Menurutnya, film animasi ini adalah akumulasi dari perang-perang sebelumnya. Sehingga dirinya sengaja tak memunculkan banyak tokoh pahlawan yang sudah terkenal.

“Melalui Yumna, kita mengangkat tokoh pahlawan. Dimana zaman millenial ini kita butuh figur seorang yang sesuai dengan tokoh saat ini. Tentunya untuk membangkitkan semangat generasi muda agar terinspirasi menjadi pahlawan dalam masing-masing kapasitasnya,” ungkapnya.

Suasana nobar Battle of Surabaya, di XXI The Breeze BSD City. Foto: Ist

Sementara Corporate Communications & Public Affairs Division Head Sinar Mas Land, Panji Himawan memaparkan tujuan nobar yang dilakukan selama dua tahun ini, yakni untuk memperingati Hari Pahlawan, membangkitkan kembali semangat anak-anak muda sebagai generasi penerus untuk berjuang membela negaranya.

“Selain itu untuk memperkenalkan industri animasi di Indonesia yang semakin maju dan menghargai karya anak bangsa. Sebelumnya, kita seleksi dan kita liat dari berbagai film animasi yang ada, dan dipilihlah Battle of Surabaya ang mengandung pesan keberagaman,” bebernya.

Melalui dunia animasi yang sangat akrab dengan anak-anak, pihaknya pun terus memotivasi anak muda dan berharap dapat terus mempersiapkan generasi muda Indonesia untuk menghadapi persaingan di era ekonomi digital dan kreatif.

Film Battle of Surabaya juga telah mendapat segudang penghargaan mulai dari tingkat nasional hingga internasional. Terlebih lagi, industri animasi merupakan bagian dari Industri 4.0 yang saat ini implementasinya sedang digalakkan pemerintah.

Film ini mengisahkan tentang patriot muda yang berperang melawan penjajah untuk membela negara Indonesia pada saat pertempuran Surabaya 10 November 1945. Di era globalisasi dan digital saat ini, sikap patriotis dan nasionalis dapat diwujudkan melalui beragam tindakan positif salah satunya dengan berprestasi dikompetisi nasional dan internasional.

“Contohnya Andre Surya, animator asal Indonesia yang terlibat secara langsung dalam pembuatan film animasi bergengsi kelas dunia seperti film Transformer, Iron Man, Iron Man 2, Star Trek, dan Terminator,” tutup Panji. (red)

Komentar Anda

comments