Pilkades Serentak, 591 Calon Kades se-Tangerang Deklarasi Damai

oleh -
Para calon Kades saat deklrasai damai. Foto: Ist

Palapanews.com- Sebanyak 591 calon kepala desa (Kades) di Kabupaten Tangerang membacakan deklarasi damai di Gedung Serba Guna (GSG) Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang. Pembacaan deklarasi damai tersebut guna berkomitmen dalam menjaga harmonisasi dan keutuhan masyarakat.

“Deklarasi damai ini merupakan rangkaian pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 153 desa di wilayah Kabupaten Tangerang. Calon kades harus siap bertanggung jawab dengan kendisi masyarakatnya, apa bila ada yg melanggar hukum harus ditindak,” ujar Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Senin (11/11/2019).

Dalam Pilkades saat ini, Zaki menjelaskan calon kades harus lebih mengutamakan politik santun, raih hati masyarakat dengan program-program pembangunan di desa, maju mundurnya desa akan ditentukan dalam pesta demokrasi langsung, visi misi calon kades harus sejalan dengan pemerintah.

“Calon kades yang saat ini mengikuti deklarasi, harus dapat menciptakan rasa aman dan tentram bagi masyarakatnya,” katanya.

Kapolresta Tangerang AKBP Ade Ary Syam Indradi meminta para calon kades untuk tidak melakukan pelanggaran sekecil apa pun. Lanjutnya, bila pelanggaran terjadi pihaknya tidak segan-segan menindaklanjuti.

“Apabila terjadi pelanggaran pidana, jika harus terpaksa, maka pihak Polri untuk wajib menindaklanjuti,” kata Ade.

Ade menuturkan kepada ratusan calon kades untuk siap menerima konsekuensi pesta demokrasi. Maju dalam Pilkades, Ade menambahkan, harus memiliki sikap siap kalah.

“Maka dari itu tiap kandidat kades harus memberikan pemahaman kepada pendukung dan simpatisan mengenai sikap legowo bila kelak kalah dalam pemungutan suara nanti,” jelasnya.

Ade berharap para calon kades untuk melaporkan apa bila terjadi permasalahan sekecil apa pun. Hal itu sebagai deteksi dini dan menghindari terjadinya konflik yang lebih luas.

“Saya berharap situasi aman ini terus terjalin, jangan sampai penyelesaian hukum berakhir dengan penyesalan,” ungkapnya.

Ade menjelaskan di wilayah hukum Polresta Tangerang ada 92 desa di 19 kecamatan yang akan menggelar Pilkades. Dari jumlah desa itu, terdapat 363 calon kades yang akan memperebutkan suara.

“Jangan ada lagi calon kades yang tidak damai atau melakukan pelanggaran,” ucapnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Adiyat Nuryasin, menuturkan jumlah calon kades yang mengikuti deklarasi berjumlah 591 orang, laki laki berjumlah 563 orang perempuan 28 orang.

“Selain deklarasi damai, 591 calon kades juga dibekali wawasan kebangsaan agar lebih mengerti akan keutuhan masyarakat lebih utama,” kata Adiyat. (rik)

Komentar Anda

comments