5 Makanan Sumber Protein untuk Anak

oleh -
Ilustrasi. Foto: Hellosehat

Palapanews.com- Protein adalah nutrisi yang amat penting bagi pertumbuhan anak. Nutrisi ini umumnya diperoleh dari bahan pangan hewani seperti daging sapi dan unggas. Namun, sumber protein untuk anak sebenarnya tidak hanya bisa didapat dari daging. Masih ada beragam jenis makanan yang tidak kalah bermanfaat bagi buah hati Anda.

Sumber protein untuk anak selain daging

Mengingat sikap anak yang suka pilih-pilih makanan, orangtua biasanya mengambil jalan mudah dengan memberikan daging sebagai sumber protein utama. Padahal, Anda bisa berkreasi dengan beragam makanan kaya protein lain seperti berikut:

1. Tuna

Tuna kaya akan protein, tapi rendah kalori dan lemak. Sebanyak 85 gram tuna mentah mengandung 20 gram protein. Jumlah ini setara dengan 100 persen kebutuhan protein anak berusia 4-8 tahun, serta 58 persen kebutuhan anak berusia 9-13 tahun.

Selain menjadi sumber protein yang baik untuk anak, tuna juga mengandung berbagai vitamin B, beberapa jenis mineral, serta asam lemak omega-3. Kendati dapat mengandung merkuri, konsumsi tuna satu kali seminggu masih tergolong aman bagi anak-anak.

2. Kacang almond

Hampir semua jenis kacang-kacangan kaya protein, tapi almond adalah salah satu yang terbaik. Selain protein, kacang bernama ilmiah Prunus dulcis ini juga mengandung banyak serat, lemak menyehatkan, vitamin E, mineral, dan antioksidan.

Kacang almond bisa menjadi sumber protein sekaligus camilan yang menyehatkan untuk anak. Cukup dengan mengonsumsi segenggam kacang almond yang setara 28 gram, buah hati Anda dapat memperoleh asupan protein hingga sebanyak 6 gram.

3. Yogurt tawar

Dibanding susu, protein dalam yogurt biasanya lebih tinggi. Seratus gram yogurt tawar mengandung 3,5 gram protein, atau setara dengan 10-17 persen kebutuhan protein harian anak-anak berusia 4-13 tahun.

Yogurt juga mengandung karbohidrat, serat, dan lemak. Beberapa jenis yogurt pun mengandung protein kasein yang meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor.

4. Tahu

Tahu kaya akan protein dan semua jenis asam amino esensial. Asam amino esensial adalah senyawa yang diperlukan untuk membangun jaringan tubuh. Tubuh tidak bisa membuat sendiri senyawa ini, jadi anak Anda perlu memperolehnya dari makanan.

Selain menjadi sumber protein untuk anak, tahu juga mengandung karbohidrat, serat, lemak, kalsium, dan zat besi. Nutrisinya yang beragam menjadikan tahu sebagai salah satu alternatif terbaik untuk menggantikan daging.

5. Brokoli

Makanan kaya protein untuk anak biasanya identik dengan bahan pangan hewani. Akan tetapi, beberapa jenis sayuran ternyata mengandung protein yang cukup tinggi. Brokoli misalnya, mengandung sekitar 2,8 gram protein per setiap 100 gram sajiannya.

Brokoli juga kaya akan vitamin C. Vitamin C dapat merangsang produksi protein khusus yang disebut kolagen. Anak-anak dalam masa pertumbuhan membutuhkan kolagen karena protein ini berperan dalam pembentukan berbagai jaringan tubuh.

Protein merupakan komponen utama dari otot, tulang, organ, kulit, dan hampir seluruh jaringan tubuh lainnya. Oleh sebab itu, anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang membutuhkan makanan sumber protein untuk menunjang pertumbuhannya.

Anda dapat berkreasi dengan beragam makanan di atas untuk meningkatkan asupan protein anak. Dengan begitu, anak Anda bisa mencukupi kebutuhan proteinnya tanpa cepat merasa bosan. (*)

Sumber: Hellosehat

Komentar Anda

comments