Minimalisir Kebakaran di TPA, DLH Lakukan Penimbunan Tanah

Palapanews.com- Dalam rangka mengurangi resiko kebakaran dan meminimalisir pencemaran udara, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan penutupan landfill dengan tanah merah di TPA Rawa Kucing.

Penutupan landfil dengan tanah merah tersebut, dimaksudkan untuk mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh gas methan dari sampah. Ini sekaligus juga sebagai bagian dari usaha untuk meminimalisir kebakaran di TPA.

“Kita berusaha menutup landfill dengan tanah merah dalam rangka mengurangi pelepasan gas methan dan juga mencegah kebakaran,” ujar Kepala Bidang Kebersihan Buceu Gartina saat ditemui di TPA Rawa Kucing, Selasa, 17 September 2019.

Buceu juga menjelaskan, kegiatan tersebut sudah rutin dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang pada setiap tahunnya sesuai standar Kementrian PUPR.

Penutupan tanah merah tersebut lanjut Buceu, juga dilakukan dengan manfaatkan tanah merah bekas galian drainase.

“Yang harus kita tutup ada sekitar 15 hektar. Sementara ini di tahun ini yang teranggarkan baru bisa 10 hektar secara bertahap. Kekurangannya kita tutupi dengan menggunakan kembali tanah galian dari pembuatan drainase dan pengerukan lumpur jika ada kegiatan pada PUPR,” pungkasnya.(ydh)

Komentar Anda

comments