Digelar di Tangsel, Jumbara PMI Provinsi Banten Resmi Dibuka

oleh -
Ketua PMI Banten Ratu Tatu pada pembukaan Jumbara di Puspiptek. Foto: Ist

Palapanews.com- Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) III PMI Provinsi Banten resmi dibuka Ketua PMI Provinsi Banten Ratu Tatu Chasanah, bertempat di Lapangan Puspiptek, Setu, Kota Tangsel, Selasa (18/9). Kegiatan Jumbara III tingkat Provinsi Banten tahun 2019 mengusung tema “Kita tangguh Indonesia Maju”.

Ketua PMI Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah mengungkapkan PMI sebagai organisasi sosial kemanusiaan telah berperan aktif, membantu pemerintah dengan memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat, mulai dari tugas kepalangmerahan hingga saat normal sebagai pelayanan kesiapsiagaan maupun pada saat bencana dengan pelayanan tanggap darurat.

“Jumbara ini sebagai bentuk pembinaan dan pengembangan berkesinambungan bagi generasi muda. Jumbara dikemas untuk mempertemukan para relawan-relawan muda dari berbagai tingkatan untuk sama-sama belajar, bertukar pengalaman, memantau, dan mengevaluasi proses pembinaan yang selama ini sudah berjalan,” ungkap Tatu saat pembukaan Jumbara di Puspiptek.

Jumbara dilaksanakan mengikuti kebutuhan remaja yang didalamnya terdapat berbagai pembinaan mulai dari penguatan pengetahuan serta keterampilan, sikap serta penguatan rasa peduli terhadap sesama melalui bakti sosial di masyarakat.

“Saya atas nama pribadi dan segenap jajaran PMI Provinsi Banten mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota Tangsel sehingga penyelenggaraan Jumbara ini bisa berjalan sesuai dengan rencana,” katanya.

PMI Provinsi Banten akan terus berupaya melakukan pembinaan dan pembenahan dalam memberikan pelayanan kepalangmerahan khusus pembinaan sukarelawan muda yaitu PMR yang ada disekolah

Saat ini tercatat sebanyak 13.679 relawan se Banten terdiri dari PMR, KSR dan TSR yang tersebar di PMI Kabupaten/Kota se-Banten.

“Dari data tersebut banyak yang harus ditingkatkan dalam hal pembinaan yang ini tugas bersama antara pengurus PMI Provinsi dan Kabupaten/Kota serta dukungan semua pihak sebab relawan adalah aset organisasi yang berharga dan sangat penting dalam proses pelaksanaan tugas kemanusiaan,” singkatnya.

Tatu mengatakan, dalam kurun 2 tahun PMI Banten telah menyelenggarakan 13 pelatihan yang bersifat management maupun untuk menunjang pelayanan PMI di Provinsi Banten.

Sementara itu Wakil Walikota Benyamin Davnie mengatakan kegiatan Jumbara PMI se-Provinsi Banten ini diikuti sebanyak 350 anggota PMI Kabupaten/Kota se-Banten.

“Dalam pelaksanaan Jumbara, Tangsel mengirimkan sebanyak 20 peserta dari PMI Tangsel. Jumbara ini diikuti dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berlangsung hingga 19 September,” tandasnya. (hms)

Komentar Anda

comments