Peluang Pasar Terbuka Lebar untuk Sayuran Hidroponik

oleh -
Serua Farm, Bojongsari kerap menjadi tempat pelatihan hidroponik. foto : ky

Palapanews.com – Pangsa pasar sayuran hasil penanaman hidroponik ternyata masih sangat terbuka lebar. Pelaku usaha sayuran hidroponik mengaku masih kewalahan memenuhi permintaan pasar.

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang pelaku usaha hidroponik, pemilik Serua Farm Charlie Tjendapati yang berlokasi di kawasan Sawangan. Menurutnya pasar sayur hidroponik sangat menjanjikan. Pasalnya, selama ini dirinya merasa kewalahan memenuhi permintaan dari pelanggannya seperti supermarket, mal, resto dan cafe di Jakarta.

“Perbulan permintaan dari konsumen sekitar Jakarta mencapai enam ton. Tapi kita baru bisa memproduksi dua ton,” kata Charlie yang perkebunan hidroponik miliknya dipilih PT. IKPP Tangerang sebagai lokasi pelatihan, Kamis (5/9/2019).

Diakuinya, tingginya permintaan sayuran hidroponik, salah satunya karena dinilai konsumen hasil sayurannya lebih bersih. Di lahan pertanian seluas 1000 meter persegi milik Charlie jenis sayuran hidroponik didominasi kangkung, bayam, sawi dan pokcay.

“Selain suplai ke supermarket, banyak juga ke pedagang-pedagang eceran. Biasanya mereka mengutamakan jenis sayuran berkualitas. Ada perbedaan tanaman hidroponik rasanya jauh lebih enak, renyah karena kandungan air cukup banyak,” tandasnya. (bd)

Komentar Anda

comments