Tangsel Bakal Jadi Tuan Rumah Munas APEKSI 2020

oleh -
Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie pada Rakernas APEKSI 2019 di Semarang. Foto: Nis

Palapanews.com- Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, memastikan kesiapan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi tuan rumah Munas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) pada 2020 mendatang. Hal ini disampaikan Benyamin saat menjadi pembicara dalam Rakernas APEKSI ke XIV di Semarang, Kamis (4/7/2019).

“Secara prinsip Kota Tangsel sangat siap untuk menjadi tuan rumah Munas APEKSI tahun mendatang (red-2020), mengingat kita memiliki SDM dan tempat yang bisa diandalkan untuk menjadi tuan rumah,” terangnya.

Dalam prosesnya, diakui Benyamin, kalau Munas biasanya akan melahirkan sebuah terobosan gagasan yang dilahirkan dari para kepala daerah untuk disampaikan kepada pemerintah pusat.

“Munas bukan hanya ajang kumpul-kumpuk semata, namun lebih dari itu, para Walikota seluruh Indonesia hadir untuk bisa urun rembuk bersama mencari solusi terkait permasalah kewenangan yang kekinian yang bersinggungan langsung antara kewenangan Kota dan Pusat,” terangnya.

Menurut Bang Ben panggilan akrabnya, saat ini banyak kewenangan antara pusat dan daerah yang patut mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat, hal ini berkaitan dengan aturan regulasi yang mengatur didalamnya sehingga kerap menjadi permasalahan di daerah.

“Adanya jalan nasional di daerah, akan selalu bersinggungan dengan masyarakat di kota tersebut, perbaikannya harus menunggu pemerintah pusat padahal kondisinya sudah memperihatinkan, itu salah satu contohnya. Terus banyaknya industri di beberapa titik kota namun pajaknya diambil pusat, daerah hanya kebagian PBB-nya saja, padahal masalah sosial dirasakan langsung daerah,” tegas Ben.

Benyamin memastikan kalau Munas APEKSI mendatang menggagas sebuah isu yang selama ini menghantui daerah, yaitu penguatan alokasi anggaran.

“Penguatan alokasi anggaran pemerintah daerah untuk mendukung profesionalitas aparatur dan kemandirian daerah,” Benyamin menambahkan

Sebagai tuan rumah Munas APEKSI Tahun 2020 mendatang, menurutnya seluruh elemen harus bersama-sama mensukseskan acara tersebut, karena para Walikota se Indonesia bakal hadir di Tangsel.

“Semoga semuanya akan dilancarkan sampai dengan pelaksanaannya dan seluruh elemen masyarakat bisa bersama sama mensukseskan Munas tersebut,” tegasnya. (nis)

Komentar Anda

comments