Sekolah Pelita Harapan Gelar Pameran Ilmiah Perdana

oleh -
Arena pameran ilmiah karya siswa SPH. foto : budi

Palapanews.com – Sekolah Pelita Harapan (SPH) Lippo Village menggelar  Pameran Ilmiah Pertama. Ada 20 proyek ilmiah karya siswa-siswi ditampilkan di area pameran di ruang perpustakaan gedung pembelajaran SPH itu.

Karya-karya tersebut  didedikasikan oleh 24 murid dari kelas 10-12 (1-3 SMA).  Proyek-proyek yang ditampilkan mereka berkaitan dengan Bioteknologi, Biosensor, Energi Terbarukan (renewable energy), Pembelajaran Mesin (Machine Learning), Machine Vision,  Mikrobiologi, Teknik Sipil, Ilmu Komputer, llmu Material, Ilmu Data, Farmasi, Food Technology, dan Robotik.

“Saya telah menyaksikan banyak bakat-bakat luar biasa dari murid murid ini dan bahkan mereka dapat melampaui ekspektasi saya terhadap murid-murid ASA kelas 10, 11, 12. Beberapa dari hasil llmiah mereka sangatlah orisinil, unik, dan berkualitas tinggi,” ungkap Dr. eden steven, Ph.D., Direktur  SPH Applied Science Academi di acara pembukaan, Senin (15/04/2019).

“Bahkan kami berencana untuk memasukannya dalam publikasi llmiah internasional,” tegas Eden.

Beberapa contoh karya mereka diantaranya;  pembalut luka berbasis protein sutera dengan ekstrak tanaman lokal yang dapat menyesuaikan diri dengan luka dengan sifat retensi bahan antimikroba dan bahan aktif yang kuat.

Ada Juga yang melakukan penelitian memisahkan dan mengidetifikasikan bakteri dan Kimchi dimana Ia menemukan, bahwa bahan tersebut berpotensi mencegah pembekuan darah.

Siswa lain juga melakukan penelitian di bidang robotic, dimana ia mengembangkan sistem pelacakan mata (eye tracking system) yang memungkinkan lengan robot untuk mengambil benda dengan eye movement. (bd)

 

Komentar Anda

comments