Jumlah Kunjungan Wisata di Tangsel Lampaui Target RPJMD

oleh -
Wisata Jaletreng Riverside di Kecamatan Serpong. Foto: Dok

Palapanews.com- Kota Tangerang Selatan (Tangsel) jadi destinasi wisata yang tak bisa dipandang remeh di Provinsi Banten. Buktinya, kunjungan wisata ke wilayah termuda di Banten ini terus meningkat.

Bahkan, dari data Dinas Pariwisata (Dispar) setempat, target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 untuk kunjungan wisata sudah terlampaui. Dari target 300 ribu kunjungan, kini sudah menyentuh 1,3 juta kunjungan wisata.

“Jumlah pendapatan dari Rp300 miliar menjadi Rp319 Miliar, sedangkan untuk pertumbuhan pelaku ekonomi kreatif dari 60 sekarang 130,” kata Kepala Dispar Kota Tangsel, Judianto pada Forum Gabungan OPD di Serpong, Selasa (12/3/2019).

Dispar, punya trik jitu untuk mengerek kunjungan wisata ke daerah yang dikenal sebagai kota perdagangan dan jasa ini. Selama ini Dispar berkolaborasi dengan pihak swasta untuk menjalankan berbagai event kegiatan yang bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Tangsel.

“Tahun 2020 akan ada kenaikan 10 persen dari jumlah kegiatan di 2019 ini, dikisaran 55 kegiatan, dikarenakan di tahun ini sebanyak 50 kegiatan akan diadakan oleh Dispar menjalin kerjasama dengan swasta dan lainnya,” ungkapnya.

Sementara Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany mengatakan Kota Tangsel didominasi sektor perdagangan dan jasa. Sektor pariwisata, diakuinya bisa memanfaatkan sektor tersebut dengan meningkatkan kegiatan kreatif.

“Makanya dengan forum OPD ini. Harapannya, mendapatkan masukan dan ide-ide untuk bisa meningkatkan sektor pariwisata Tangsel yang setiap tahun terus tumbuh,” tandasnya. (hms/one)

Komentar Anda

comments