Selain Enak, 5 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol

oleh -

Palapanews.com- Siapa sih yang bisa tenang jika kadar kolesterol dalam tubuh sudah melebihi batas normal? Jika sampai kita tidak mampu cara turunkan kolesterol dengan segera, dikhawatirkan akan memicu penumpukan plak di dalam dinding pembuluh darah yang bisa meningkatkan risiko terkena stroke atau penyakit jantung. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika kedua penyakit ini bisa menyebabkan kematian atau dampak kesehatan fatal lainnya.

Makanan penurun kolesterol

Berikut adalah 5 makanan yang dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan faktor risiko lain untuk penyakit jantung.

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang padat nutrisi. Buah ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat – dua nutrisi yang membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik), seperti dikutip dari Doktersehat.com.

Studi klinis pun mendukung cara turunkan kolesterol dengan mengonsumsi alpukat. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas dengan kolesterol LDL tinggi yang makan satu alpukat setiap hari, dapat menurunkan kadar LDL lebih banyak daripada mereka yang tidak makan alpukat.

Sebuah analisis dari 10 penelitian menentukan bahwa mengganti alpukat dengan lemak lain dapat menurunkan kolesterol total, LDL dan trigliserida.

2. Kacang – terutama almond dan kenari

Kacang-kacangan adalah makanan padat nutrisi lainnya. Kacang-kacangan ini sangat tinggi lemak tak jenuh tunggal. Kacang kenari juga kaya akan variasi asam lemak omega-3, sejenis lemak tak jenuh ganda yang dapat menyehatkan jantung.

Kacang almond dan kacang-kacangan lainnya sangat kaya akan L-arginin, asam amino yang membantu tubuh membuat oksida nitrat yang membantu mengatur tekanan darah.

Terlebih lagi, kacang menyediakan pitosterol. Senyawa tanaman ini secara struktural mirip dengan kolesterol dan makanan penurun kolesterol dengan menghalangi penyerapannya di usus.

Kalsium, magnesium, dan kalium, juga ditemukan dalam kacang-kacangan, dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurut penelitian, makan 2-3 porsi kacang per hari menjadi cara cepat turunkan kolesterol kolesterol LDL dengan rata-rata 10,2 mg / dl. Sementara Makan satu porsi kacang setiap hari menurunkan penyakit jantung fatal dan non-fatal sekitar 28%.

3. Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon dan makarel adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Omega-3 dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan risiko peradangan dan stroke.

Dalam satu penelitian besar, mereka yang makan ikan adalah yang paling tidak mungkin mengalami sindrom metabolik, sekelompok gejala yang termasuk tekanan darah tinggi dan kadar HDL yang rendah.

Dalam penelitian besar lainnya pada orang dewasa yang lebih tua, mereka yang makan tuna atau ikan panggang setidaknya sekali seminggu memiliki risiko stroke 27% lebih rendah.

Ingatlah bahwa cara paling sehat untuk memasak ikan adalah mengukus atau merebus. Faktanya, ikan goreng dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Beberapa manfaat perlindungan jantung dari ikan juga dapat berasal dari peptida tertentu yang ditemukan dalam protein ikan.

4. Buah-buahan dan berry

Buah adalah tambahan yang bagus untuk diet jantung sehat karena beberapa alasan. Banyak jenis buah kaya akan serat larut, yang membantu cara turunkan kolestrol dengan cepat. Ini dilakukan dengan mendorong tubuh Anda untuk menyingkirkan kolesterol dan menghentikan hati untuk memproduksi senyawa ini.

Salah satu jenis serat larut yang disebut pektin dapat menurunkan kolesterol hingga 10%. Kandungan ini ditemukan dalam buah-buahan termasuk apel, anggur, buah jeruk dan stroberi.

Buah juga mengandung senyawa bioaktif yang membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya karena antioksidan dan efek anti-inflamasi.

Makan buah dan anggur, yang merupakan sumber yang kaya akan senyawa tanaman ini, dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

5. Cokelat hitam

Kakao adalah bahan utama dalam cokelat hitam. Penelitian memverifikasi klaim bahwa cokelat hitam dan cokelat menjadi makanan penurun kolesterol jahat.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang sehat minum minuman cokelat dua kali sehari selama sebulan. Mereka mengalami pengurangan kolesterol jahat sekitar 0,17 mmol / l (6,5 mg / dl). Tekanan darah mereka juga menurun dan kolesterol baik mereka meningkat.

Cokelat hitam dan cokelat juga tampaknya dapat menghindari kolesterol jahat dalam darah dari oksidasi, yang merupakan penyebab utama penyakit jantung. Namun, cokelat biasanya mengandung banyak gula – yang secara negatif dapat memengaruhi kesehatan jantung.

Karena itu, Anda harus mendapatkan kakao atau memilih cokelat hitam rendah gula dengan kandungan cokelat 75-85% atau lebih tinggi. (ds)

Komentar Anda

comments