Peringati HPN, Wartawan Tangsel Gelar Roadshow Jurnalistik

oleh -

Palapanews.com- Wartawan yang bertugas di Tangerang Selatan (Tangsel) yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Harian Tangerang Selatan (WHTS) bakal menggelar roadshow jurnalistik di sejumlah sekolah. Kegiatan ini untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-73.

Roadshow yang dimulai Senin (11/2/2019) di SMPN 4 Kota Tangsel ini, bakal bekerjasama dengan unit Laka Lantas Polres Tangsel yang juga sedang menyosialisasikan Millennial Road Safety Festival di sekolah-sekolah. Rencananya, roadshow menghadirkan Kasat Lantas Polres Tangsel AKP Lalu Hedwin Hanggara, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie.

Ketua Panitia acara, Firdaus Rahmadi mengatakan dalam kegiatan bertajuk Media Masa Dalam Membangun Pendidikan Berkarakter dan Berintegritas, dijelaskan peran media sebagai bagian pilar demokrasi dalam tatanan berbangsa dan bernegara. Melalui pers roda pemerintahan berjalan dan tatanan sosial tumbuh dan sebagai sarana pendidikan, sosial dan hiburan, dan ekonomi.

“Fungsi pers yang penting, yaitu sebagai media informasi, karena masyarakat memerlukan informasi mengenai berbagai hal yang diperlukan dalam hidupnya, baik itu informasi ekonomi (bisnis), politik, hobi, atau bidang-bidang lainnya yang berguna,” katanya.

Pers sebagai Media Pendidikan ini mempunyai arti, bahwa informasi dari pers yang disebarluaskan melalui media juga mempunyai fungsi untuk mendidik, mencerdaskan, mengandung kebenaran, dan bisa mendorong untuk berbuat kebaikan.

“Pers sebagai media pendidikan juga berguna dalam pengembangan wawasan dan ilmu pengetahuan hidup manusia. Masyarakat yang secara teratur mencari dan mendapat berita dari media massa akan bertambah pengetahuan, wawasan, dan tentunya juga ilmu,” Firdaus menambahkan.

Pers juga sebagai Media Hiburan di dalam Undang-Undang No 40 Tahun 1999 pasal 3 ayat 1 dinyatakan bahwa salah satu fungsi pers yaitu sebagai hiburan. Hiburan yang diberikan pers patutnya tidak keluar dari aturan yang berlaku. Hiburan yang sifatnya mendidik atau netral jelas diperbolehkan, dan yang melanggar nilai agama, HAM, moral, atau peraturan lain tidak diperbolehkan.

“Fungsi pers sebagai media hiburan tentu bukan hanya untuk menimbangi berita yang berat, tetapi memang menjadi kebutuhan dasar manusia bahwa hiburan itu perlu dan harus dipenuhi. Hiburan tersebut bisa diperoleh dari media elektronik maupun cetak. Atau bisa mencari hiburan dengan mendengar radio, melihatnya melalui televisi, browsing di internet, melihat video youtube, dan lainnya. Artinya memang pers berfungsi juga sebagai media hiburan,” tukasnya.

Berlangsungnya acara ini diharapkan dapat mengenalkan apa itu dunia jurnalistik, yang di dalamnya ada dapur televisi, fotografi dan media cetak serta online.

Sementara Ketua Pokja Wartawan Harian Tangsel, Sudin Antoro, menambahkan peringatan HPN dilaksanan sesuai kontek dan kemampuan, intinya bagaimana bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Tentu dalam memperingati HPN ini bukan sebatas peringatan tapi berupaya bisa berbagi ilmu kepada siswa siswi,” tuturnya. (nad)

Komentar Anda

comments