Manfaat Pisang Buat Kamu yang Hobi Olahraga

Palapanews.com- Apa yang harus saya makan untuk olahraga? Mungkin banyak orang yang akan menyarankan untuk makan pisang. Manfaat pisang untuk olahraga dipercaya dapat meningkatkan energi dan performa. Benarkah begitu? Kandungan nutrisi apa yang membuat pisang bermanfaat untuk olahraga? Simak jawabannya di sini.

Manfaat pisang untuk olahraga

Saat olahraga, Anda membutuhkan nutrisi penting untuk menjaga dan meningkatkan stamina Anda. Makan dengan benar membantu menyediakan energi yang cukup bagi otot-otot Anda. Selain itu, makan makanan sehat bisa mencegah gula darah rendah setelah aktivitas fisik yang dapat menyebabkan pusing dan kelelahan.

Anda bisa mendapatkan itu semua dengan mengonsumsi pisang untuk olahraga. Pisang memberikan nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan Anda, terutama jika Anda berolahraga, seperti dikutip Hellosehat.

Selain itu, manfaat pisang dalam olahraga dapat meningkatkan kinerja Anda. Untuk mendapatkan manfaat itu, pisang dapat dikonsumsi sebelum, selama, dan setelah olahraga.

Dengan sekitar 120 kalori dan 16 gram gula, kandungan karbohidrat tinggi pisang dapat memberi dorongan energi yang cepat dan 1,5 gram protein untuk membantu memberi makan otot.

Sebuah penelitian melaporkan bahwa pisang dapat menjadi bahan utama minuman olahraga dalam menggantikan elektrolit yang hilang. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa makan pisang 15 menit selama olahraga sama efektifnya dengan minum minuman olahraga. Hal ini karena pisang mengandung vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat.

Kandungan nutrisi pisang

Berikut kandungan nutrisi pisang yang bisa diandalkan untuk meningkatkan energi saat olahraga.

Kalium
Kalium berfungsi untuk merawat otot dan kekurangan kalium dapat menyebabkan kram dan rasa sakit. Selama berolahraga, tubuh Anda kehilangan kalium melalui keringat dan aktivitas fisik yang lama dapat mengurangi kadar kalium Anda secara drastis.

Kabar baiknya, makan pisang meningkatkan asupan kalium sebesar 487 miligram atau 10 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Kalium adalah mineral penting yang diperlukan untuk pemeliharaan gula darah dan fungsi jantung yang tepat. Sebagai elektrolit, kalium membantu Anda mempertahankan keseimbangan cairan dalam sel-sel tubuh Anda, yang dapat mencegah kram otot. Kalium juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otot.

Vitamin C
Manfaat pisang untuk olahraga bisa didapatkan karena kandungan vitamin C yang tinggi. Satu pisang mengandung sekitar 15 persen vitamin C yang dibutuhkan per hari.

Vitamin C sangat penting untuk memperkuat otot, tendon, dan ligamen, serta menjaga sistem kekebalan tubuh saat olahraga. Vitamin C juga membantu mempercepat dan meningkatkan penyembuhan luka dan kerusakan jaringan lunak yang dibutuhkan setelah olahraga yang berat.

Mangan
Mineral mangan memiliki sejumlah fungsi penting dalam perkembangan tulang dan penyembuhan luka. Mengonsumsi mangan yang cukup juga penting guna mengolah energi dari makanan yang Anda konsumsi.

Mangan mendukung aktivitas fisik dan kinerja dalam olahraga dengan membantu tubuh Anda mendapatkan hasil maksimal dari makanan Anda.

Karbohidrat
Pisang juga mengandung karbohidrat yang membantu mendukung kinerja Anda selama olahraga. Ketika Anda melakukan aktivitas fisik, otot-otot Anda menggunakan glikogen, yaitu sejenis karbohidrat, sebagai bahan bakar. Makan sumber karbohidrat dapat meningkatkan daya tahan latihan Anda. (hs)

Komentar Anda

comments