DPRD Ingatkan Soal Dampak Lingkungan PLTN di Tangsel

oleh -

Palapanews.com- Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) yang rencananya akan dibuat di kawasan Puspitek disambut baik oleh DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Pembangunan PLTN tersebut dinilai akan menjadi kebanggan tersendiri bagi Indonesia.

Kendati demikian, DPRD Kota Tangsel juga berharap, agar dalam proses pembangunannya kajian lingkungan harus sempurna. Terutama dalam hal dampak lingkungan dari proyek PLTN tersebut.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangsel, Tarmizi mengatakan bahwa pembangunan PLTN ini merupakan proyek nasional yang akan menjadi kebanggan tersendiri bagi Kota Tangsel. Terlebih lagi nantinya hasil PLTN ini akan dirasakan pula oleh lapisan masyarakat Tangsel.

“Tentunya kami sangat mendukung proyek hasil karya anak bangsa ini. Namun, kami ingatkan juga soal dampak lingkungan dari proyek ini. Seperti kewaspadan soal paparan radiasi nuklir jika ada kebocoran,” ungkapnya.

Terlebih Kota Tangsel merupakan kota padat penduduk. Walaupun dikerjakan oleh orang-orang profesional, ia tetap mengimbau agar penuh dengan kehati-hatian dan semoga tetap aman.

Sementara, anggota Komisi IV DPRD Kota Tangsel Rizki Jonis juga mengingatkan hal yang sama. Bahkan, lebih dalam lagi Rizki meminta agar limbah yang dihasilkan dari PLTN ini jangan sampai dibuang di Kota Tangsel.

“Terutama soal limbah dari tenaga nuklir ini, kami berharap agar limbahnya tidak mencemari lingkungan di Tangsel, bahkan kalau bisa kita meminta agar limbahnya tidak dibuang di Kota Tangsel. Dan semoga saja dalam pengerjaannya nanti BATAN mampu meminimalisir produksi limbah,” lanjutnya.

Sedangkan untuk keberadaanya sendiri, Rizki juga mengatakan, jika saat ini target hanya 2000 rumah saja, kedepan harusnya mampu lebih banyak lagi, bahkan mampu menerangi banyak rumah lagi di Kota Tangsel. (nad)

Komentar Anda

comments