BPTJ Resmikan Operasional Terminal Pondok Cabe

Palapanews.com- Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meresmikan pengoperasian Terminal Tipe A Pondok Cabe yang berlokasi di Jalan Kemiri Raya, Pondok Cabe Udik, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (31/12/2018).

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan mengacu Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Terminal Pondok Cabe merupakan terminal tipe A yang kewenangannya dilimpahkan kepada Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

“Dengan luas kurang lebih 25.995 m2 terdiri dari bangunan utama seluas 2.550 m2, Terminal Angkutan Dalam Kota seluas 1.125 meter persegi, Terminal Bus Antar Kota dengan luas 2.500 m2 + 2.870 m2 serta 1.800 m2,” jelasnya.

Menurutnya, diperlukan terobosan-terobosan supaya masyarakat mau beralih menggunakan angkutan umum. Selain itu, prasarana seperti terminal merupakan faktor penting dalam menumbuhkan minat masyarakat untuk mau beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum massal.

“Salah satunya adalah mendekatkan layanan angkutan umum massal supaya masyarakat mudah dalam mengaksesnya. Saat ini kota berusaha untuk memasukkan angkot ke Terminal Tipe A ini. Nanti kita coba masukkan Trans Anggrek,” papar Bambang.

Sementara Wakil Walikota Tangsel, Banyamin Davnie mengatakan daerah ini sebagai perbatasan Banten dan Jawa Barat. Sebagai hasil ruislag, maka aset ini beralih menjadi aset Pemkot Tangsel dengan luas awal sekitar 2,5 hektar.

“Dibangun 3 tahap sejak tahun 2015 menggunakan anggaran hibah Provinsi DKI, dengan komitmen dibangunkan Terminal Pondok Cabe. Saya pesan jaga terminal sehingga dapat beroperasi secara optimal,” pesannya kepada masyarakat.

Selain peresmian Terminal Pondok Cabe Tipe A, ada pula flag off layanan Jabodetabek Airport Connexion dengan rute Terminal Pondok Cabe-Bandara Soekarno Hatta serta layanan Transjabodetabek Premium dan Reguler serta pre launching system electronic payment oleh PPD sebagai salah satu bentuk inovasi layanan melalui single e-ticketing. (nad)

Komentar Anda

comments