Ribuan Ibu-ibu se-Kecamatan Pinang Ikut IVA Test

oleh -312 views
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah memberikan keterangan kepada wartawan. Foto: Ydh

Palapanews.com- Untuk mendeteksi dini penyakit kanker serviks atau leher rahim, ribuan ibu-ibu se-Kecamatan Pinang, Kota Tangerang menjalani pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test yang berlokasi di aula Kecamatan Pinang, Rabu, 19 Desember 2018.

Hasil dari pemeriksaan ratusan ibu-ibu dinyatakan positif terjangkit pra kanker serviks, dan diharuskan menjalani terapi yang tersedia di puskesmas.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tangerang, Aini Suci Wismansyah.

Menurut Aini Suci, ada 1.200 ibu-ibu se-Kecamatan Pinang rela antre untuk mendapatkan giliran menjalani pemeriksaan IVA test. Pemeriksaan ini merupakan instruksi Kementrian Kesehatan yang dilakukan seluruh pemerintah daerah, termasuk Pemerintah Kota Tangerang sebagai upaya deteksi dini penyakit kanker serviks yang disebabkan dari infeksi virus human papillomavirus.

“Pemeriksaan dilakukan tenaga ahli kebidanan didampingi dokter spesialis kandungan dengan menggunakan peralatan medis khusus,” katanya.

Aini menambahkan, hasil dari pemeriksaan tersebut mereka (ibu-ibu) yang dinyatakan positif terjangkit pra kanker serviks harus dirujuk untuk menjalani pengobatan lanjutan melalui kreo therapy yang tersedia di puskesmas.

“Apabila dibiarkan, maka dalam kurun waktu 10 hingga 15 tahun kedepan mereka akan menderita kanker serviks yang terbilang ganas,” tegas isti dari Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah ini.

Diketahui, wanita dapat terjangkit kanker serviks dikarenakan pola hidup tidak higienis terutama daerah kemaluan, dan prilaku seks bebas yang dapat menularkan virus saat berhubungan. Dan, kegiatan IVA tes akan berlangsung hingga dua hari kedepan, namun untuk lokasi akan berpindah ke Puskesmas Kunciran, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang. (ydh)

Komentar Anda

comments