PMI Kota Tangerang Klaim Stok Darah Aman hingga Tahun Baru

Palapanews.com- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang memastikan stock darah akhir tahun menjelang natal dan tahun baru aman selama libur panjang tahun 2018.

Jaminan stock darah akhir tahun sudah di persiapkan sejak jauh-jauh hari, Kamis,12 Desember 2018.

Kepala Bagian Tata Usaha Unit Donor Darah (UDD) Kota Tangerang, TB Hudaibi mengatakan, sampai hari ini pihaknya memiliki 7000 ribu persediaan kantong darah. Dengan jumlah tersebut, TB Hudaibi mengeklaim PMI Kota Tangerang masih mampu menyuplai kebutuhan stock darah di seluruh rumah sakit se-Kota Tangerang

“PMI Kota Tangerang bukan hanya melayani menyedia stok darah yang ada di Kota Tangerang, bahkan kami salah satu UDD baper Stock ( penyuplai UDD secara nasional jika ada yang kekurangan),” ucap Hudaibi.

Dengan pemasukan 200 – 300 kantong darah perharinya, katanya, masih bisa memenuhi kebutuhan harian mencapai 300 hingga 350 perharinya. Satu kantong darah hasil donor seseorang masih bisa di olah menjadi paket – paket tertentu, seperti trombosit, fresh frozen plasma, sel darah merah pekat dan lain sebagainya.

“Satu orang itu paling tidak bisa menyelamatkan tiga nyawa,”tegasnya.

Adapun untuk jenis golongan darahnya, dirinya menyebutkan, PMI Kota Tangerang mempunyai sebanyak kantong darah golongan A (1.453), untuk golongan B         (2.452), untuk golongan O (3.087) dan untuk golongan AB (532).(ydh)

Komentar Anda

comments